Wamenhan RI Menerima Farewell Call dari Duta Besar India

Wamenhan RI Menerima Farewell Call dari Duta Besar India

Wamehan RI bersama Duta Besar India-tangkapan layar-Kemhan.go.id

Jakarta, PAGARALAMPOS.COM – Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra mewakili Menteri Pertahanan RI menerima kunjungan perpisahan (farewell call) dari Duta Besar India untuk Indonesia, H.E. Mr. Shri Manoj Kumar Bharti, di Kemhan, Jakarta, Senin (20/2). farewell call tersebut dilakukan menjelang masa akhir tugas dari Duta Besar Bharti di Indonesia.

“Terima kasih kepada H.E. Bharti, yang selama menjabat sebagai Duta Besar India untuk Indonesia, telah melakukan begitu banyak capaian serta kontribusi guna memperkuat ikatan antara Indonesia dengan India,” ujar Wamenhan M. Herindra saat menerima kehadiran Duta Besar Bharti, di ruang pertemuan, Kantor Wamenhan RI.

BACA JUGA:Kementerian Pertahanan Dukung Rencana Relokasi Operasional Penerbangan TNI AU, Lanud Soewondo, di Sumut

Wamenhan M. Herindra kemudian menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk memperkuat kemitraan strategisnya dengan India, dan menyampaikan harapan agar hubungan tersebut terus tumbuh dan berkembang di tahun-tahun mendatang.

Sebagai mitra di regional Asia Pasifik, India menjadi salah satu negara dalam Asean Defense Ministerial Meeting (ADMM) Plus – hal ini sebagai salah satu wujuh kontribusi India dalam menjaga keamanan dan stabilitas di Kawasan Asia Pasifik.

BACA JUGA:Pegadaian Gelar Lomba Karya Jurnalistik 2023, Total Hadiah 250 Juta, Cek Syaratnya

“Kontribusi India dalam diskusi dan proses pengambilan keputusan telah membantu meningkatkan keamanan dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik; dan telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap kerja sama dan dialog kawasan,” ungkap Wamenhan M. Herindra.

Dalam aspek pertahanan, Indonesia dan India telah menandatangani kesepakatan, “Agreement between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Republic of India concerning Cooperation in the Field Defense”, pada bulan Mei 2018.

BACA JUGA:Wamentan Resmikan Kawasan Budidaya Nanas Prabumulih Untuk Dorong Ekspor Nasional

Kesepakatan ini mencakup berbagai isu terkait bidang pertahanan, khususnya dalam pengembangan sektor industri pertahanan kedua negara, termasuk bantuan produksi dan pelayanan, serta pelaksanaan sejumlah proyek yang berkaitan dengan pembuatan peralatan dan komponen alat pertahanan; penerapan alih teknologi. Kerja sama juga mencakup pelaksanaan latihan bersama antara personil militer Indonesia dan India; dan untuk sektor pendidikan, kerja sama dilakukan melalui pertukaran personil dalam mengikuti berbagai kursus kemiliteran, seperti NDC, CSC, dan kursus-kursus lainnya dengan kualifikasi setara. 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di laman Kemhan.go.id : Wamenhan RI Menerima Farewell Call dari Duta Besar India, H.E. Mr. Shri Manoj Kumar Bharti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemhan.go.id