2023, Pemkot Pagar Alam Targetkan Raih Predikat Utama

2023, Pemkot Pagar Alam Targetkan Raih Predikat Utama

Mengambil tempat di Ruang Rapat Besemah I Setdako Pagaralam, Asisten I Setdako Pagaralam Dahnial Nasution pimpin Rakor Gugus Tugas Kota Layak Anak.-Madhon-Pagaralampos.com

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Pagaralam, Dahnil Nasution membuka sekaligus memimpin jalannya giat Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Kota Layak Anak, bertempat di Ruang Rapat Besemah I Setdako Pagaralam, Senin 20 Februari 2023. 

“Kita mempersiapkan untuk penilaian Kota Layak Anak di tahun 2023, jadi untuk persiapan ini, kita mengevaluasi kegiatan tahun 2022 lalu. Alhamdulillah di tahun lalu. Kita mendapatkan apresiasi di tingkat Pratama, keinginan kita di tahun 2023 ini, kalau tidak dapat Madya, Nindya atau Utama,” jelas Dahnial.

Untuk menentukan target tersebut, sambung Dahnial, pihaknya harus dapat terus meninggikan skor, yang ditentukan oleh kesiapan Pemkot Pagaralam sendiri, baik itu soal regulasinya, rencana aksi setiap OPD yang menggambarkan keberpihakan terhadap anak, ramah anak dan mengakomodasi apa-apa perlindungan terhadap anak itu sendiri.

“Kita sudah membagi dan mengatur tiap OPD, yang tergabung dalam lima klaster. Dan di setiap klaster itu, ada masing-masing OPD maupun lintas sektor, baik itu vertikal maupun Pemerintah Daerah, dengan keterlibatan dari Kejaksaan, Kepolisian, Kemenag dan lainnya,” ungkapnya.

Lebih jauh Dahnil menerangkan, bahwa ini semua bagian dari bersama-sama, untuk menginisiasi kebutuhan anak tersebut.

“Harapan kita dengan Rakor Kota Layak ini, kita dapat menyatukan komitmen yang sama di setiap OPD atau sektor yang bertanggungjawab, serta ada aksi yang digambarkan dan direncanakan oleh masing-masing OPD. Inshaa allah dengan adanya gambaran aksi, komitmen mudah-mudahan apa yang digariskan dalam aturan, untuk bagaimana terciptanya Kabupaten/Kota Layak Anak itu, dapat benar-benar dilaksanakan lebih lagi di Kota Pagaralam,” harapnya. 

Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Pagaralam, Novi Apriyadi SE MM menuturkan, jika selepas Rakor Gugus Tugas Kota Layak Anak ini, akan kembali diadakan pertemuan lanjutan di Kantor Dinas KB. “Untuk operator yang telah dibentuk per OPD, data yang diminta paling lambat tanggal 3 Maret 2023, data sudah fix dan sudha terhimpun dalam data yang sudah disiapkan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: