Meresahkan! Aksi Pencurian Komplotan WNA Berpura-pura Tukar Uang Receh

Meresahkan! Aksi Pencurian Komplotan WNA Berpura-pura Tukar Uang Receh

AKsi kawanan WNA saat melancarkan aksinya di wilayah Driyorejo, Gresik, yang terekam CCTV.-Foto: net-jawapos.com

JAKARTA,PAGARALAMPOS.COM - Dalam beberapa pekan terakhir, viral ulah sekelompok Warga Negara Asing (WNA) di Gresik. Mereka terduga sebagai pencuri. Sasarannya brangkas atau kotak uang di toko-toko kelonton. Modusnya, pura-pura menukar uang pecahan atau sebagai pembeli. Kini, Satreskrim Polres Gresik tengah memburu kawanan WNA tersebut.

Polisi menerjunkan tim Reserse Mobile (Resmob) ke beberapa wilayah. Selain itu, berkirim surat ke kantor Imigrasi. “Untuk meminta data para WNA yang beraktifitas di Gresik,” kata Kasatreskrim Polres Gresik Aldhino Prima Wirdhan.

Menurut Aldhino, langkah itu untuk mengidentifikasi terduga pelaku. Yakni, menyesuaikan profil sesuai data dan informasi yang telah dikumpulkan. “Kami juga telah mengantongi ciri-ciri fisik dan keterangan lain dari masyarakat. Tentang ulah dan perbuatan mereka,” ujar alumnus Akpol 2015 itu.

Dia menjelaskan, dari keterangan yang dikumpulkan, WNA itu bergerak secara berkelompok. Ketika menjalankan aksinya, mereka memiliki tugas dan peran masing-masing. “Kami harap masyarakat juag proaktif melaporkan. Karena aktifitas mereka cukup meresahkan,” ujarnya.

BACA JUGA:Personel Samapta Modifikasi Randis Patroli Sebagai Peralatan Pemadam Api Karhutla

Sebelumnya, dalam sepekan terakhir, warga Gresik digegerkan dengan aksi komplotan bule berjumlah dua hingga tiga orang. Mereka diduga melakukan tindak pencurian dengan memanfaatkan kelengahan korban. “Bisa berpura-pura membeli barang, atau menukaran uang,” ungkap Aldhino.

Dari hasil penyelidikan awal, para WNA sengaja menggunakan bahasa asing saat bertransaksi. Tujuannya, agar korban merasa bingung dan panik. “Ketika lengah, mereka pun mengincar laci atau kotak uang. Mengambil sebanyak mungkin kemudian pergi meninggalkan lokasi,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com