Kepala BKKBN Minta Seluruh TPK Dilatih Pada Maret 2023

Kepala BKKBN Minta Seluruh TPK Dilatih Pada Maret 2023

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo-Tangkapan Layar-bkkbn.go.id

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo meminta seluruh Tim Pendamping Keluarga (TPK) dilatih untuk tugas pendampingan bagi keluarga berisiko stunting pada Maret 2023.

Hal tersebut disampaikan Hasto Wardoyo dalam pembukaan Re-Orientasi Percepatan Penurunan Stunting bagi Satgas (Satuan Tugas) Provinsi tahun 2023 yang digelar di Hotel Horison Ultima Bekasi, Jawa Barat, Rabu 8 Februari 2023 malam lalu.

BKKBN telah membentuk 200 ribu TPK yang masing-masing beranggotakan tiga orang, di seluruh Indonesia.

TPK yang terdiri dari Bidan, Kader KB, dan Tim Penggerak PKK ini merupakan ujung tombak dari upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia untuk mengejar target prevalensi stunting 14 persen pada 2024. 

BACA JUGA:Miliki Potenisi, Menparekraf Kunjungi Destinasi Wisata Budaya di Singkawang

“Sebelum bulan Maret (2023), seluruh Tim Pendamping Keluarga harus sudah dilatih untuk upaya percepatan penurunan stunting. Saya meminta seluruh Satgas Stunting di provinsi-provinsi untuk memastikan hal ini,” kata Hasto.

Menurut Hasto, sejumlah daerah telah melatih fasilitator Tim Pendamping Keluarga, seperti di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

“Saya tadi (kemarin) membuka pelatihan Tim Pendamping Keluarga di Garut. Pak Wahidin (Kepala BKKBN Perwakilan Jawa Barat) sudah memastikan 111 ribu TPK di seluruh Jawa Barat dijamin sudah terlatih,” ujar Hasto.

Karena itu, Hasto kembali menegaskan Tim Pendamping Keluarga yang jumlahnya di seluruh Indonesia hamper 600 ribu orang itu harus sudah dilatih sebelum Maret 2023.

BACA JUGA:Butuh Banyak Homestay Dalam Porprov XIV Sumsel

Sejumlah daerah telah melakukan pelatihan bagi fasilitator Tim Pendamping Keluarga. Di Jawa Tengah, BKKBN telah melatih 608 orang fasilitator TPK yang terbagi dalam 15 angkatan.

Angkatan pertama menjaring 171 peserta secara daring dan luring dari UPT Balai Diklat KKB Ambarawa, UPT Balai Diklat KKB Pati, UPT Balai Diklat KKB Banyumas, dan Pelatihan oleh Bidang Latbang.

BKKBN Perwakilan Jawa Tengah memastikan pelatihan bagi seluruh fasilitator itu selesai pada 10 Februari 2023.

1000 Hari Pertama Kehidupan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: