Butuh Banyak Homestay Dalam Porprov XIV Sumsel

Butuh Banyak Homestay Dalam Porprov XIV Sumsel

Kalsum Barefy-Ist-

LAHAT, PAGARALAMPOS.COM – Selain persoalan venue cabang olahraga yang harus dipersiapkan, di ajang Pekan Olahraga Provinsi XIV mendatang, keberadaan penginapan atau home stay untuk para atlet dari kabupaten/kota di Sumsel, juga harus siapakan matang oleh Kabupaten Lahat selaku tuan rumah.

Karena itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lahat, mengajak masyarakat Lahat ikut berpartisifasi dengan menyediakan home stay untuk para atlet.

Ketua KONI Lahat, Kalsum Barefi mengatakan, melalui Bendahara 2, Weter Afriansyah SPd mengatakan, pada saat porprov di September mendatang, diperkirakan ada 14 ribu peserta porprov yang membutuhkan tempat menginap.

Jumlah itu belum ditambah dengan warga Sumsel yang ingin menonton jalannya Porprov XIV. Karena itu, diperkirakan membutuhkan sekitar Sekitar 7.000 tempat tidur, untuk peserta selama 10 hari di Lahat.

BACA JUGA:Dua Kelompok Pelajar Nyaris Tawuran

“Untuk homestay memang susah, karena itu berharap masyarakat ikut sukseskan Porprov ini, dengan cara menyiapkan rumahnya untuk dijadikan homestay para atlet hingga suporter. Untuk sekarang, baru didapat sekitar 30 persen,” kata Weter, Jumat 10 Februari 2023.

Weter menambahkan, pendataan homestay dibantu oleh kades/lurah dan camat, kemudian diarahkan untuk mendaftar di sekretariat KONI Lahat.

Dengan ketentuan, fasilitas yang harus disiapkan meliputi, air, listrik dan pendingin ruangan. Satu homestay, bisa menampung dua sampai sepuluh orang.

Daftar dahulu ke kita, nanti ketiak ada cabor dari daerah lain yang bertanya keberadaan homestay, bisa langsung kita arahkan. Terkait biaya, nanti langsung bernego sendiri dengan pemilik homestay,” terangnya.

Weter menambahkan, bagi pemilik homestay yang berminat silahkan hubungi Sekretariat KONI Lahat. Keberadaan homestay ini disiapkan, untuk memastikan atlet dari daerah luar Lahat, dapat penginapan yang nyaman. 

“Bukan hanya di Kota Lahat saja, seperti di Kota Agung disana ada venue cabor paralayang, warga di sana juga bisa sediakan homestay. Begitujuga di Kelurahan Sari Bungamas, disana ada venue cabor silat, bisa juga jika ada yang berminat untuk menyediakan homestay,” ucap Weter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: