Wajib Tahu!! Manfaat Cabe untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Wajib Tahu!! Manfaat Cabe untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Ilustrasi : manfaat cabe untuk kesehatan pencernaan -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Makanan pedas memang sulit untuk ditolak. Sebagian besar makanan Indonesia pun selalu didampingi sambel sebagai pelengkap. 

Makanan pedas adalah makanan yang sangat disukai oleh banyak orang, karena ada sensasi tersendiri ketika dikonsumsi. 

Cabai, baik yang merah, hijau, rawit, ataupun keriting, kaya akan capsaicin. Capsaicin merupakan zat berkhasiat utama dalam buah cabe (Capsicum sp). 

Zat ini yang memberikan rasa dan aroma pedas pada cabai. 

BACA JUGA:Kenali Gejala Campak pada Anak dan Cara Mengobatinya

Selain menambah nafsu makan, menyukai makanan pedas memberikan keuntungan tersendiri. Ternyata, makanan pedas juga mempunyai banyak manfaat, lho. Apa sajakah manfaat makanan pedas?

Cabe sering dianggap sebagai penyebab sakit perut. Padahal, salah satu manfaat cabe adalah menjaga kesehatan saluran cerna. Namun, untuk mendapatkan manfaat cabe yang satu ini, Anda perlu mengonsumsinya dengan cara yang tepat. 

Makanan pedas tentu sudah akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Salah satu bahan yang membuat makanan menjadi pedas adalah cabe (Capsicum annuum). Cabe terdiri dari berbagai jenis dengan warna, ukuran, dan tingkat kepedasan yang berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri, cabe yang masih satu keluarga dengan paprika ini umumnya dikonsumsi sebagai lalapan, diolah menjadi sambal, atau dikeringkan menjadi cabe bubuk.

BACA JUGA:Waspada Faktor Resiko Terjadinya Stroke

Di balik rasanya yang pedas, cabe mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti protein, karbohidrat, lemak, serta beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan kalium.

Tak hanya itu, cabe juga mengandung beragam antioksidan, seperti capsanthin, violaxanthin, lutein, asam sinapat, dan asam ferulat.

Manfaat Cabe untuk Kesehatan Pencernaan.

Berkat kandungannya tersebut, cabe memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan sistem pencernaan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: