Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Terapkan

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Terapkan

Ilustrsi : Jaga Kesehatan Mental -Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Menurut Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), sehat berarti suatu keadaan yang sempurna, baik secara fisik, mental dan sosial, yang lebih dari sekedar terbebas dari penyakit atau kelemahan. Artinya, tidak sakit saja tidak cukup, ya!

Sehat mental sendiri didefinisikan sebagai kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial.

Kesehatan mental mempengaruhi bagaimana kita berpikir, merasa, dan bersikap, serta menentukan bagaimana kita menghadapi tekanan, memahami orang lain, serta menentukan pilihan, karenanya sangat penting pada tiap fase kehidupan, baik sejak anak-anak, remaja, dewasa, pun hingga usia lanjut. 

Dengan kesehatan mental yang terpelihara dengan baik, kita mampu bertumbuh dan berkembang dengan optimal, mengisi hari-hari dengan produktif, merasakan ketenangan & kebahagiaan, dan memiliki hidup yang berkualitas dan bahagia.

BACA JUGA:Tetap Jaga Kesehatan Walau sedang Dilanda Musim Hujan

Kini gerakan menjaga kesehatan mental kerap digaungkan oleh masyarakat, baik di media sosial maupun di lingkungan sekitar.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang.

Mental yang sehat dapat memengaruhi cara Sahabat Pintar berpikir, merasakan, bertindak, dan merespons suatu hal.

Kesehatan mental jugalah yang dapat menentukan bagaimana Sahabat Pintar menangani stres atau konflik dengan baik. Tidak selalu dengan healing ke luar kota, mental Sahabat Pintar bisa dijaga dengan baik dengan melakukan beberapa cara sederhana berikut ini. Berikut informasinya.

BACA JUGA:Tetap Jaga Kesehatan Walau sedang Dilanda Musim Hujan

1. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mental. Tidak perlu harus pergi ke pusat kebugaran setiap hari, 30 menit berjalan kaki setiap hari juga dapat disebut sebagai olahraga teratur.

Olahraga sejatinya memicu otak melepaskan endorfin, yakni zat kimia yang dapat meningkatkan rasa bahagia dan happy. Selain itu, olahraga turut bermanfaat menjaga berat badan tetap stabil dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

2. Makan Sehat dan Teratur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: