Apa Saja Penyebab Terjadinya Kulit Kering, Yuk Simak Penjelasnnya Disini

Apa Saja Penyebab Terjadinya Kulit Kering, Yuk Simak Penjelasnnya Disini

ilustrasi : kulit kering-Foto: Ist-

Ada banyak penyakit atau kondisi medis yang bisa menyebabkan seseorang memiliki kulit yang kering, bersisik, dan kemerahan, misalnya dermatitis atopik, eksim, atau psoriasis. Penyakit tersebut juga bisa membuat kulit terasa gatal.

Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh penyakit ginjal, iktiosis, kelainan tiroid, kurang gizi, dan diabetes.

7. Efek samping obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menimbulkan efek samping berupa kulit kering. Contohnya adalah obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid seperti isotretinoin, dan obat-obatan kemoterapi.

BACA JUGA:Bahaya Hipertensi, Mendapat Julukan The Silent Killer!

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering?

Kulit kering sebenarnya bisa diatasi dengan cara sederhana, tapi perlu dilakukan dengan konsisten. Berikut di antaranya:

- Ubah frekuensi dan durasi mandi

Jika Anda mengalami kulit kering, tetaplah jaga kebersihan tubuh dengan mandi secukupnya dan jangan terlalu sering. Selain itu, usahakan waktu mandi tidak lebih dari 10 menit dan jangan terlalu sering menggunakan air panas.

BACA JUGA:8 Makanan Pelancar Haid yang Berkhasiat

- Gunakan sabun yang mengandung pelembap

Untuk memperbaiki dan mencegah kulit kering, Anda sebaiknya menggunakan sabun yang mengandung pelembap dan berbahan kimia lembut. Setelah mandi, Anda juga bisa menggunakan krim pelembap atau body lotion untuk menjaga kelembapan kulit.

- Gunakan handuk halus untuk mengeringkan badan dan jangan menggosoknya terlalu kencang.

- Hindari paparan sinar matahari berlebihan

BACA JUGA:Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi untuk Para Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: