Apa Saja Penyebab Terjadinya Kulit Kering, Yuk Simak Penjelasnnya Disini

Apa Saja Penyebab Terjadinya Kulit Kering, Yuk Simak Penjelasnnya Disini

ilustrasi : kulit kering-Foto: Ist-

 PAGARALAMPOS.COM - Kulit kering adalah masalah yang terjadi ketika lapisan Kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. 

Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah.

Dalam istilah medis, kulit kering disebut juga dengan xerosis. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, tapi paling umum terlihat pada tangan dan kaki.

Siapa pun bisa terkena kondisi kulit yang satu ini, tapi orang lanjut usia biasanya lebih rentan. Hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan produksi sebum, yakni minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit.

BACA JUGA:Cara Ampuh Obati Keloid, Kamu Wajib Tau!!

Kulit kering adalah salah satu masalah yang cukup sering terjadi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penuaan, iritasi, hingga penyakit tertentu. Kulit kering bisa hanya terjadi di lengan, tangan, dan kaki, atau bisa juga di seluruh tubuh.

Kulit kering atau xerosis mudah dikenali dari gejalanya, seperti kulit terasa gatal, merah, kasar, dan mudah mengelupas. Pada gejala yang lebih parah, kulit kering bisa menimbulkan retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah.

Kulit kering dan gatal tidak boleh sering digaruk karena bisa menyebabkan kulit mudah terluka dan terkena infeksi.

BACA JUGA:simak, 8 cara mencegah pemanasan global

Penyebab Kulit Kering

Berikut adalah 7 hal yang dapat menyebabkan kulit kering:

1. Iritasi kulit

Penyebab kulit kering yang pertama adalah iritasi pada kulit. Pemicunya bisa beragam, mulai dari paparan debu dan polusi, antiseptik pada sabun mandi, alkohol pada parfum, hingga deterjen pada sabun cuci.

BACA JUGA:8 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan perut kembung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: