Apa Saja Penyebab Terjadinya Kulit Kering, Yuk Simak Penjelasnnya Disini

Apa Saja Penyebab Terjadinya Kulit Kering, Yuk Simak Penjelasnnya Disini

ilustrasi : kulit kering-Foto: Ist-

Terutama alkohol, deterjen, dan antiseptik, ketiga bahan kimia ini juga dapat mengurangi produksi sebum atau minyak alami yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Kebiasaan menggosok kulit

Terlalu sering menggosok kulit dengan spons atau scrub saat mandi atau terlalu kencang menggosok badan dengan handuk setelahnya juga dapat menyebabkan kulit kering. Pasalnya, ketika digosok terlalu sering dan kencang, kelembapan di permukaan kulit akan berkurang.

Guna mencegah kulit kering, cobalah untuk tidak terlalu sering menggosok kulit dan keringkan tubuh secara lembut dengan handuk setelah mandi.

BACA JUGA: Cek Disini! Peraturan Baru BPJS Kesehatan bagi Ibu Hamil

3. Penuaan

Saat usia semakin tua, kulit seseorang akan menjadi lebih tipis sehingga mudah menjadi kering. Hal ini bisa terjadi akibat berkurangnya kolagen dan sebum pada kulit.

4. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca juga berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara. Makin rendah kelembapan udara, biasanya terjadi jika suhu dingin, kulit makin terasa kering.

BACA JUGA:8 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan perut kembung

5. Sering mandi air panas

Mandi air panas dan sauna memang bisa membuat tubuh lebih rileks. Namun, jika terlalu sering dilakukan atau terlalu lama, kebiasaan ini justru bisa membuat kulit menjadi kering. Ini karena suhu panas bisa mengurangi kelembapan alami kulit.

Tak hanya mandi air panas dan sauna, terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari juga bisa menyebabkan kulit kering.

6. Kondisi kesehatan tertentu

BACA JUGA:Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kecantikan Hingga Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: