8 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan perut kembung

8 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan perut kembung

8 penyebab perut kembung -tangkapan layar -Net

PAGHARALAMPOS.COMPerut kembung adalah kondisi yang identik dengan gangguan pada sistem pencernaan. Namun, apa penyebab Perut kembung tersebut sebenarnya? Simak informasi penyebab Perut kembung berikut ini.

Anda semua pasti pernah mengalami yang namanya perut kembung, bukan? Kondisi ini ditandai dengan perut yang terasa penuh, mual, dan ingin buang angin, baik itu melalui lubang anus (kentut), atau mulut (sendawa).

Perut terasa penuh, kerap bersendawa dan tidak nyaman saat bergerak adalah beberapa gejala umum yang dirasakan saat seseorang mengalami perut kembung.

Penyebab perut kembung sangat bervariasi, salah satunya adalah karena kebiasaan buruk yang tanpa sadar kita lakukan setiap hari.

BACA JUGA:Kronologi, Penemuan Mayat Seorang Pria Dalam Keadaan Terikat di Desa Air Gemuruh

Berikut 8 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan perut kembung.

1. Refluks Asam Lambung (GERD)

Gastproesophageal reflux disease (GERD), atau jika diterjemahkan berarti refluks asam lambung, adalah salah satu penyakit yang menjadi penyebab perut kembung dan mual.

GERD, sesuai dengan namanya, menyerang organ lambung. Penyakit ini dipicu oleh produksi asam lambung yang berlebih, pun ditambah menurunnya fungsi katup (sfringter) kerongkongan bagian bawah sehingga asam lambung naik ke kerongkongan.

BACA JUGA:Petani Harus Miliki Kartu Tani Untuk Beli Pupuk Subsidi

Perut kembung menjadi salah satu gejala yang ditimbulkan oleh penyakit refluks asam lambung atau GERD ini, di samping sejumlah gejala khas lainnya seperti:

Nyeri ulu hati

Nyeri dada (heartburn)

Mulut terasa pahit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber