Hati-hati 5 Makanan ini Pemicu Hipertensi, Ternyata Dialami Indra Bekti

Hati-hati 5 Makanan ini Pemicu Hipertensi, Ternyata Dialami Indra Bekti

Ilustrasi orang yang sedang mengalami hipertensi-Hermina Hospital--palpres.com -palpres.com

PAGARALAMPOS.COM - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/ tenang (InfoDATIN, Kemenkes RI).

Mekanisme terjadinya hipertensi adalah melalui terbentuknya angiotensin II dari angiotensin I oleh Angiostencin Converting Enzyme (ACE).

ACE memegang peran fisiologis penting dalam mengatur tekanan darah. Darah mengandung angiostensinogen yang diprodoksi di hati.

Beragam kondisi yang dapat menyertai gejala hipertensi tanda-tanda dan gejala tekanan darah tinggi lainnya yang mungkin muncul apabila kondisi Anda sudah cukup parah meliputi: Penglihatan buram, Rasa cemas yang berlebihan, Mual atau muntah.

BACA JUGA:5 Fakta kesehtan yang harus kita Diketahui di Usia 20-an

Jika tidak terkontrol, hipertensi dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti penyakit jantung, retinopati (kerusakan retina), penyakit ginjal, stroke, penyakit pembuluh darah tepi, gangguan serebral (otak) dan gangguan syaraf.

Meski tekanan darah secara alami meningkat seiring pertambahan usia, tekanan darah normal untuk semua remaja, dewasa, dan orang dewasa yang lebih tua adalah di bawah 120/80 mmHg. Rinciannya adalah sebagai berikut: Angka pertama (120 mmHg) adalah tekanan darah sistolik.

Tekanan darah di atas 140/90 mmHg dikategorikan sebagai tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut sebagai hipertensi.

Salah satu posisi tidur terbaik saat darah tinggi kambuh yaitu miring ke kiri. Posisi tidur ini bisa membantu mengalirkan darah ke jantung sekaligus mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

BACA JUGA:Cephalgia, Istilah Medis untuk Kondisi Sakit atau Nyeri Kepala

Efek minum kopi bisa menyebabkan darah tinggi atau tidak sangat tergantung kebiasaan seseorang mengonsumsi kafein dan banyaknya kafein yang dikonsumsi. Minum kopi atau asupan berkafein lainnya memang bisa meningkatkan tekanan darah sementara.

Keluhan-keluhan pada penderita hipertensi antara lain :

·         Sakit kepala.

·         Gelisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com