Pemilih Perempuan Mengidamkan Airlangga Jadi Presiden

Pemilih Perempuan Mengidamkan Airlangga Jadi Presiden

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto-Foto: net -

JAKARTA – Warna Institute (WI) merilis hasil survei terbaru soal calon presiden yang akan dipilih kaum perempuan pada Pilpres 2024. Direktur Eksekutif Warna Institute (WI) Kristin Ervina mengatakan dalam survei kali ini ada 2.400 responden yang semuanya perempuan. Para responden itu berada di 478 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang juga masuk dalam DPT Pemilu 2019.

Kristin menyebut dari hasil survei diketahui mayoritas pemilih perempuan sudah mengetahui ada Pemilu 2024. “Dari penelitian terhadap 2.400 perempuan yang sudah memiliki hak pilih didapati bahwa 63,2 persen mengetahui tahun 2024 akan digelar pemilu,” kata dia dalam siaran persnya, Selasa (8/11). Kemudian, sebanyak 36,8 persen belum dan kurang tahu akan adanya Pemilu 2024.

Menurut dia, dari penelitian survei juga ditemukan bahwa 80,6 persen responden meyakini pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) akan berhasil memulihkan perekonomian nasional. Dia menambahkan para responden ditanyakan apabila Pilpres 2024 digelar sekarang, maka sebanyak 26,7 persen memilih Airlangga Hartarto. “Kemudian, di urutan kedua sebanyak 18,2 persen memilih Prabowo Subianto. Ketiga ada nama Puan Maharani dipilih 10,2 persen pemilih perempuan,” kata Kristin.

Lalu sebanyak 5,1 persen memilih Tri Rismaharini, Sri Mulyani 4,3 persen, Ganjar Pranowo 4,2 persen, Basuki Tjahaya Purnama 3,1 persen. “Selanjutnya Sandiaga Uno 2,8 persen, Susi Pudjiastuti 2,4 persen, Anies Baswedan 2,2 persen, Erick Thohir 2,1 persen dan yang tidak memberikan jawaban sebanyak 18,7 persen,” beber Kristin. 

BACA JUGA:Banyak Politisasi Menjelang Pemilu 2024

Sementara pengamat politik dari Universitas Andalas, Arifki Chaniago menilai hasil survei itu membuktikan bahwa pemilih perempuan berpengaruh besar dalam Pilpres 2024. Dia menyebut peluang dukungan kepada Airlangga sangat besar, sebab Menko Perekonomian itu merupakan salah satu tokoh nasional yang cukup dikenal. 

BACA JUGA:RAPBD 2023, Diproyeksi Capai 817 Miliar

“Airlangga cukup memiliki peluang untuk mendapat dukungan, karena selain sebagai Ketua Umum Golkar, figur Airlangga juga cukup dikenal kalangan perempuan,” ujar dia dalam siaran persnya, Selasa. 

BACA JUGA:Optimalisasi Pengurangan Kebocoran Pajak

Arifki menyebutkan Airlangga juga diidamkan oleh perempuan milenial di Pilpres 2024. Pasalnya, Airlangga adalah sosok bapak dan memiliki kedekatan dengan kaum muda. “Ya kalau Airlangga itu mendapatkan hati bagi kaum perempuan milenial, karena sosok kebapakannya dan kedekatan dengan kaum muda,” ucap Arifki.

Namun, dia meminta Airlangga bersama partainya untuk bekerja keras lagi demi mendapatkan suara perempuan dengan melakukan berbagai pendekatan. “Golkar dan Airlangga harus kerja keras untuk mendekati kaum hawa baik mak-mak dan perempuan milenial,” pungkas dia. (cuy/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: