Miliki Potensi, Peningkatkan Ekonomi Berbasis Keluarga, ITPA Lakukan Studi Pengembangan UMKM 3T

Miliki Potensi, Peningkatkan Ekonomi Berbasis Keluarga, ITPA Lakukan Studi Pengembangan UMKM 3T

KEMITRAAN: Jajaran tenaga dosen ITPA lakukan giat pengabdian kepada masyarakat, dengan jalin kemitraan bersama masyarakat di Kampung Gunung Kendang. -Foto: Ist/Pagaralam Pos-

PAGARALAM POS, PagaralamInstitut Teknologi Pagaralam (ITPA) gelar giat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Slahsatunya, ialah dengan mengadakan pengembangan UMKM 3T (Tahu, Tempe dan Toge), dengan mengambil studi kasus di kawasan Kampung Gunung Kendang, Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Selatan, melalui cara analysis media equation theory.

Rektor ITPA Asminah MM MKom melalui Ketua Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tri Susanti MKom menuturkan, pelaksanaan pengabdian ini mempunyai bertujuan, mengembangkan UMKM 3T berbasis digitalisasi marketing, dengan metode media equation theory, untuk mendorong perekonomian di Kampung Gunung Kendang.

“Saat ini, masyarakat Gunung Kendang memiliki produktivitas industry UMKM 3T, yang rata-rata masyarakat di Kampung ini, masih sulit dalam memasarkan produk tersebut, akan tetapi dari masyarakat di Kampung itu sulit dalam memasarkan produk tersebut,” jelas Tri.

BACA JUGA:Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan, Alpian : Kepala Daerah Tidak Punya Utang

Diakui Tri, masyarakat di Kampung Gunung Kendang memiliki kemauan yang kuat, untuk berwirausaha terhadap UMKM tersebut, sehingga perlu difasilitasi untuk meningkat produktivitas UMKM. Dan upaya pengembangan ini, tentu tidak bisa dilakukan oleh masyarakat Kampung Gunung Kendang secara mandiri, seringga perlu peran dari pihak ahli, agar mampu mengembangkan UMKM ini.

BACA JUGA:700 KPM Terima Bantuan Tangki Septik Individual

“Program kemitraan ini, akan dapat mampu mendorong sinergi program pemerintah, dalam pemerataan sektor wirausaha, meningkatkan keterampilan, kesempatan berwirausaha dan juga kesempatan peningkatan kesejahteraan, sehingga peran teknologi sangat penting, untuk bagaimana memfasilitasi tujuan tersebut,” bebernya.

BACA JUGA:Presiden Jokowi: Terus Jaga Neraca Produktivitas Pangan

Ditambahkan Tri, keberadaan UMKM di Kampung Gunung Kendang, dapat menjadi suatu peluang untuk peningkatan ekonomi masyarakat berbasis keluarga. Potensi usaha di Kampung Gunung Kendang. Salahsatunya, ialah produksi tahu, tempe, merupakan produk unggulan yang ada di Kampung Gunung Kendang, yang mayoritas 60% masyarakatnya memproduksi tahu, 15% memproduksi tempe dan 10% memproduksi toge. (Cg09)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: peningkatkan ekonomi berbasis keluarga