Optimis Perekonomian Dapat Bangkit

Optimis Perekonomian Dapat Bangkit

OPTIMIS: Ana salah satu warga yang menjual Jeruk Gerga hasil petani yang berada di Dusun Langur Indah, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara.-Foto: Fahmi/Pagaralam Pos-

PAGARALAM POS, Agung Lawangan - Kota Pagaralam sendiri mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah, hal ini menjadikan mata pencaharian mayoritas masyarakat adalah petani. Seperti halnya di Kelurahan Agung Lawangan, masyarakat di sana optimis perekonomian dapat bangkit pasca pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Bukti Lunas PBB Dinilai Efektif Dongkrak Realisasi

Sudah dua tahun terakhir ekonomi masyarakat di berbagai penjuru daerah mengalami keterpurukan, membuat ekosistem perputaran rupiah menjadi lumpuh, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi petani di Kota Pagaralam, yang harus mampu menghadirkan inovasi guna mendongkrak penghasilan.

BACA JUGA:Bentuk Dasawisma Jalin Silahturahmi Antar Kader

Lurah Agung Lawangan Dadi Sastrawan mengatakan, banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk pemulihan ekonomi, salahsatunya dengan meningkatkan kualitas hasil bumi, "salah satu cara agar petani kopi dapat meningkatkan yakni dengan produksi kopi petik merah, yang saat ini sudah digaungkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) melalui program sambung pucuk," kata Dadi saat di wawancarai koran ini, Selasa (9/8) siang.

BACA JUGA:Raih Peringkat 37 Nasional

Sebab, lanjut Dadi, sangat disayangkan jika masyarakat tidak mampu mengolah potensi yang sudah sejak lama dimiliki oleh penduduk asli tanah Besemah, apalagi kualitas kopi yang baik akan dapat dipasarkan sampai ke luar negeri.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Pemilik Asli Pistol Glock 17, Hingga Pengakuan Bharada E Soal Kebohongan Skenario 'Baku Tembak'

"Sebaiknya, petani harus jeli lagi melihat peluang, dengan tidak mengikuti apa yang ditanam orang lain, petani harus punya pilihan tersendiri dalam menetukan tanaman apa yang akan ditaman pada musim tanam, sehingga keuntungan yang di dapatkan nantinya lebih tinggi, sebab jumlahnya tidak membludak di pasaran," ujarnya.

BACA JUGA:Bentuk Dasawisma Jalin Silahturahmi Antar Kader

Ditambahkan Dadi, bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebaiknya dapat lebih luas lagi melihat peluang usaha dengan memanfaatkan sektor pariwisata, produk-produk yang telah siap dijual bisa dijual di tempat-tempat wisata.

"Salah satu yang menjadi keunggulan di wilayah Kelurahan Agung Lawangan yakni kebun Jeruk Gerga yang berada di Dusun Langur Indah, dengan harapan nantinya Jeruk tersebut dapat lebih dikenal lagi agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkasnya.(FA15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: