Sekda: Koperasi Soko Gurunya Ekonomi

Sekda: Koperasi Soko Gurunya Ekonomi

PAGARALMPOS.CO, Empat Lawang - Sekretaris daerah Kabupaten Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin pimpin Upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-75 Tahun 2022 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, dilapangan pemkab Empat Lawang, kemarin

Peringatan Hari Koperasi Nasional 2022 mengangkat tema “Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan” yang merupakan upaya bertransformasi dari citra model koperasi lama dan konvensional menjadi model baru dan profesional.

Menurut Fauzan  Koperasi ini Soko guru nya ekonomi indonesia saat pandemi, krisis koperasi tetap berdiri dengan jaya denga catatan kembalikan kemarwah nya, sesuai hakikat awalnya bahwa koperasi untuk mensejahterahkan anggota bukan pengurusnya ,"jadi kedepan kembalikan kesitu, diusuia ke 75 ini menjadi koperasi sesungguhnya, cikal bakal anggota dan rumah tangga yang sejahterah. Jika anggota dan keluarga sejahtra maka masyarakat sejehatera perekeonomian daerah akan sejahtera berkumpul menjadi satu negara yang juga sejahtera,"katanya.

Kemudian Fuzan saat membacakan Pidato tertulis Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Teten Masduki menambahkan, perekonomian nasional secara bertahap mengalami pertumbuhan, yang pada tahun 2021 mencapai 3,69 persen, atau lebih baik dibandingkan tahun 2020 yang mengalami kontraksi di angka 2,07 persen.

Kemudian berlanjut pada kuartal I tahun 2022 yakni 5,01 persen (  y-on-y)  , dimana capaian ini bahkan lebih tinggi dari negara anggota G20 lainnya, termasuk Jerman dan Tiongkok.

“Dengan mengusung tema “  Recover Together Recover Stronger”,  Indonesia mengajak seluruh negara sahabat, khususnya yang tergabung dalam  G20  , untuk pulih maupun bangkit bersama dalam menghadapi tantangan baik pandemi, ekonomi, krisis pangan saat ini menjadi ancaman  global  ”, tutur fauzan

Lebih lanjut disampaikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM mendukung agenda penuh penguatan ekonomi, khususnya oleh koperasi dan UKM. Fokus pemberdayaan koperasi saat ini menyasar sektor  riil  , sebagai sektor yang memiliki koefisien tumbuh tinggi dan potensi nilai tambah yang besar.

Fauzan juga menyampaikan beberapa  proyek percontohan  yang sedang dijalankan sebagai manifestasi program pengembangan koperasi pangan modern, yaitu pertama, pengembangan budi daya dan hilirisasi kacang koro, sebagai substitusi kacang kedelai yang sebagian besar masih diimpor.

Kedua, hilirisasi koperasi berbasis sawit rakyat untuk melakukan pengolahan minyak makan merah sebagai alternatif minyak goreng.

Terakhir, pendampingan bagi koperasi perikanan untuk memperbaiki tata kelola manajemen usaha dan peningkatan kapasitas produksi, perluasan akses pasar, dan peningkatan nilai tambah produk olahan perikanan. Pendampingan bagi koperasi pengelola Rumah Produksi Bersama (RPB) pada beberapa komoditas seperti minyak nilam, jahe, kayu/rotan, kelapa, dan daging sapi. Melalui RPB diharapkan terjadi standarisasi produk, sehingga UMKM yang tergabung memiliki produk dengan kualitas yang sama dan terbaik.

Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-75 Tahun 2022 di Lingkungan Pemkab Empat Lawang yang dihadiri oleh unsur tni, polri dan kejaksaan serta jumlah Kepala Dinas dan pejabat fungsional di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang.

Untuk di ketahui acara juga juga disertai dengan pemberian penghargaan Satya lencana Karya Satya dan penghargaan purna tugas kepada ASN dilingkungan pemkab Empat Lawang.(07/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pagaralampos.disway.id