Pemkot PGA

Optimalkan Loyalitas Pelanggan Lewat Otomatisasi Pesan yang Tepat Sasaran

Optimalkan Loyalitas Pelanggan Lewat Otomatisasi Pesan yang Tepat Sasaran

Optimalkan Loyalitas Pelanggan Lewat Otomatisasi Pesan yang Tepat Sasaran-Foto: net -

Di momen tertentu, pelanggan seringkali merasa lebih dihargai ketika bisnis menghubungi mereka terlebih dahulu. Misalnya, setelah melakukan pembelian, pelanggan merasa membutuhkan pesan konfirmasi bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan atau update terkait pengiriman barang yang sudah mereka beli. 

BACA JUGA:Fakta Rumput Laut, Oleh-oleh Khas Lombok !

Dalam tahap ini, bisnis dapat mengirimkan pesan follow-up dengan mengatur pesan otomatis untuk memberikan rasa aman kepada pelanggan. Pesan tersebut secara tidak langsung akan memberikan kepastian kepada pelanggan bahwa transaksi telah berhasil dilakukan. 

Pengiriman penawaran personal secara berkala

Pesan otomatis berisi penawaran personal adalah salah satu cara untuk membuat pelanggan merasa sebagai bagian dari kontributor eksklusif. Bisnis dapat menggunakan message automation tools untuk mengirimkan penawaran secara berkala sesuai dengan preferensi pelanggan.

Misalnya, menjadwalkan pengiriman pesan otomatis di waktu ulang tahun pelanggan yang berisi promo khusus. Jika strategi ini dilakukan secara konsisten, bisnis dapat memperkuat persepsi bahwa bisnis memperdulikan kebutuhan dan preferensi pelanggan. 

Reaktivasi pelanggan yang tidak aktif

Pelanggan memiliki titik jenuh, suatu waktu mereka bisa tidak lagi berinteraksi dengan bisnis. Meski tidak benar-benar menghilang, bisnis perlu memikirkan upaya agar pelanggan memiliki alasan yang kuat untuk menumbuhkan kembali minat berinteraksi dengan bisnis. 

Dengan tujuan tersebut, strategi reaktivasi pelanggan ini dibentuk dengan pendekatan yang menggugah, seperti pesan "kami merindukanmu!" disertai penawaran khusus. Selain itu, bisnis juga dapat memberi highlight untuk produk yang sesuai dengan  preferensi mereka. 

BACA JUGA:Dibantu Pinjaman BRI, Supplier Ikan Ini Sukses Ekspansi Usaha Lewat Program MBG

Praktik Terbaik dalam Message Automation

Praktik terbaik dalam pesan otomatis berfokus pada tiga hal: timing, segmentasi audiens, dan evaluasi performa kampanye.

Ketiganya, memiliki peranan penting dalam memperkuat komunikasi yang relevan dan berdampak pada peningkatan loyalitas, maupun customer lifetime value.

Timing dan frekuensi pengiriman

Mengatur waktu yang tepat untuk mengirimkan pesan adalah praktik pertama dan yang wajib dilakukan oleh bisnis.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait