Pemkot PGA

Optimalkan Loyalitas Pelanggan Lewat Otomatisasi Pesan yang Tepat Sasaran

Optimalkan Loyalitas Pelanggan Lewat Otomatisasi Pesan yang Tepat Sasaran

Optimalkan Loyalitas Pelanggan Lewat Otomatisasi Pesan yang Tepat Sasaran-Foto: net -

Jika frekuensi pengiriman terlalu sering, bisnis bisa menganggap pesan tersebut sebagai pesan spam yang mengganggu. 

Sebaliknya, jika jarang mengirimkan pesan otomatis, bisnis beresiko dilupakan pelanggan, bahkan kehilangan mereka.

Sehingga, pemilihan waktu dan frekuensi pengiriman pesan harus diatur seideal mungkin, agar manfaatnya memberikan dampak yang efektif.

BACA JUGA:BRI Dorong Pertumbuhan UMKM: 41 Ribu Klaster Usaha Diberdayakan lewat Pembiayaan dan Edukasi Keuangan

Segmentasi audiens untuk relevansi pesan

Setiap pelanggan memiliki preferensi, kebutuhan, dan tingkat keterlibatan yang berbeda. Segmentasi audiens memungkinkan bisnis untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan kriteria tersebut.

Segmentasi kemudian digunakan sebagai acuan dalam menyusun dan mengirimkan pesan otomatis supaya memiliki konteks yang relevan. 

Tak hanya itu, message automation tools dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam data pelanggan seperti riwayat transaksi, lokasi, frekuensi pembelian, atau status langganan. Sehingga bisnis tidak perlu mengumpulkan data secara manual untuk membentuk segmentasi audiens tersebut.

Evaluasi performa campaign otomatis

Evaluasi performa kampanye perlu dilakukan untuk melihat efektivitas strategi message automation yang telah dilaksanakan. Apakah strategi sudah ideal dan menampakkan hasil yang positif, atau masih membutuhkan penyesuaian lebih lanjut?

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Ajak Alumni PMII Manfaatkan Reforma Agraria untuk Keadilan dan Pemberdayaan Ekonomi

Dalam proses evaluasi, bisnis dapat memantau beberapa metrik sebagai indikator utama, seperti open rate, click through rate (CTR), dan tingkat konversi penjualan.

Selain itu, indikator-indikator tersebut juga berperan besar dalam identifikasi masalah. Sehingga, ketika ada isi pesan, desain, serta pemilihan waktu yang tidak sesuai, bisnis dapat memperbaikinya sesegera mungkin. 

Kesimpulan

Menggunakan strategi message automation bisa menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan retensi pelanggan dan mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Dengan penerapan strategi yang tepat, bisnis dapat mengirimkan pesan otomatis yang terasa personal dan bermakna untuk masing-masing pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait