Tangani Karhutla Secara Efektif dan Efisien, Pj Wako Dukung Pemerintah Pusat Atasi Karhutla

Minggu 21-07-2024,18:56 WIB
Reporter : Edi
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Pj Wali Kota Pagar Alam, H. Lusapta Yudha Kurnia, SE., MM, turut hadir dalam Apel dan Simulasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2024 yang diselenggarakan di Griya Agung Palembang.

Acara ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI, Dr. Hc. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., dengan pendampingan dari Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, M.H., M.S.E.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam pengendalian Karhutla.

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi lintas sektoral dan optimalisasi tugas serta peran masing-masing stakeholder, khususnya di wilayah Sumsel.

BACA JUGA:Dukung Pelaku Usaha, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pj Wako Hadiri Penyerahan Dana KUR dan CSR

Kehadiran berbagai unsur termasuk Forkopimda Sumsel, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Sumsel, Bupati dan Wali Kota se-Sumsel, serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera Selatan, menunjukkan komitmen bersama dalam upaya pengendalian Karhutla.

Menko Airlangga Hartarto dalam sambutannya menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan koordinasi dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan yang semakin meningkat akibat perubahan iklim.

"Kita perlu memastikan bahwa semua personil dan peralatan siap siaga untuk menghadapi musim kemarau yang berpotensi meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan. Koordinasi lintas sektoral juga harus ditingkatkan agar penanganan kebakaran dapat dilakukan secara efektif dan efisien," ujar Airlangga.

Dukungan Pj Wako Pagar Alam

BACA JUGA:Wow Seram, Ini Dia 10 Gunung di Indonesia yang Dikenal Paling Angker, Pernah ke Sini?

Pj Wali Kota Pagar Alam, H. Lusapta Yudha Kurnia SE MM, menyatakan dukungannya terhadap upaya pemerintah dalam pengendalian Karhutla.

"Kami mendukung penuh langkah-langkah yang diambil pemerintah pusat dan daerah dalam menangani kebakaran hutan dan lahan. Sinergi antara semua pihak sangat penting untuk mengatasi masalah ini," kata Lusapta Yudha Kurnia.

Ia juga menambahkan bahwa Pagar Alam, sebagai daerah dengan potensi hutan yang luas, sangat rentan terhadap ancaman Karhutla.

Oleh karena itu, kesiapsiagaan dan koordinasi yang baik menjadi kunci dalam mengatasi masalah ini. 

BACA JUGA:8 Peninggalan Kerajaan Pajajaran yang Masih Tersisa, Ini Dia Peninggalannya!

Kategori :