Kota Pagar Alam Dorong Produksi Cabai dan Bawang Merah Melalui Gerakan Tanam Serentak

Selasa 16-07-2024,20:00 WIB
Reporter : Edi
Editor : Almi

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam menerapkan teknik pertanian yang modern dan efisien.

Dampak Positif bagi Kota Pagar Alam

Gerakan Tanam Serentak ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan produksi cabai dan bawang merah, tetapi juga memiliki dampak positif lainnya bagi Kota Pagar Alam.

Pertama, meningkatkan pendapatan petani dan secara langsung mendukung perekonomian lokal.

BACA JUGA:Susun Raperda Sesuai Aspirasi Masyarakat, Begini Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Pagar Alam

Kedua, mengurangi ketergantungan terhadap pasokan dari daerah lain, sehingga memperkuat ketahanan pangan daerah.

Suterimawati menegaskan komitmen pihaknya untuk terus mendukung dan mengembangkan sektor pertanian, dengan harapan bahwa keberhasilan gerakan ini akan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia.

"Kami berharap gerakan ini menjadi momentum awal untuk mengubah Kota Pagar Alam menjadi pusat pertanian yang berdaya saing tinggi," katanya.

Harapan ke Depan

BACA JUGA:Tindaklanjuti Sesuai Perundangan yang Berlaku, Pj Walikota Pagar Alam Hadiri Rapat Paripurna IV

Di masa mendatang, Pemerintah Kota Pagar Alam berencana untuk memperluas cakupan Gerakan Tanam Serentak ini ke lebih banyak dusun dan kelurahan.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian secara keseluruhan dan menjadikan Kota Pagar Alam sebagai salah satu pionir dalam pengembangan pertanian berkelanjutan di Sumatera Selatan.

Dengan dukungan dari berbagai pihak terkait, termasuk kelompok tani, perusahaan swasta, dan masyarakat lokal, Kota Pagar Alam memiliki potensi besar untuk mencapai tujuan ini.

Dalam jangka panjang, upaya ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang signifikan bagi seluruh komunitas petani dan masyarakat Kota Pagar Alam.

BACA JUGA:Desa Wisata Gunung Dempo Kota Pagaralam, Pesona Alam dan Potensi Ekonomi Kreatif

Melalui Gerakan Tanam Serentak Cabai dan Bawang Merah ini, Pagar Alam tidak hanya berupaya menjadi penghasil utama, tetapi juga menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat petani lokal. *

Kategori :