Tak Hanya Nikmat dan Lezat! Kuliner Khas Suku di Sumatera Selatan Ini Juga Memiliki Sejarah Loh

Jumat 09-08-2024,15:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau, terletak di antara dua samudra dan dua benua.

Negara ini dikenal dengan kekayaan alam dan fenomena alam yang unik, seperti Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, dan Telaga Kelimutu yang memiliki tiga warna air yang berbeda.

Indonesia juga menjadi rumah bagi ratusan spesies flora dan fauna endemik, seperti komodo, orangutan, cendrawasih, dan rafflesia. Selain itu, Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk tambang emas, minyak, gas, batu bara, serta hasil bumi dan hutan yang beragam.

Selain keindahan alamnya, Indonesia memiliki kekayaan budaya dan bahasa yang luar biasa dengan lebih dari 1.300 suku dan 700 bahasa daerah yang berbeda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas kuliner khas dari berbagai suku yang ada di Sumatera Selatan, serta sejarahnya.

Berikut adalah beberapa kuliner khas dari suku-suku di Sumatera Selatan:

1. Suku Basemah atau Pasemah

   Kuliner khas suku ini adalah burgo, yang terbuat dari adonan tepung beras yang dimasak menjadi dadar tipis dan disajikan dengan kuah santan gurih.

Burgo biasanya disantap bersama telur rebus atau laksan, yaitu adonan ikan yang dimasak dalam kuah santan. Bentuk burgo mirip dengan kwetiau dan memiliki tekstur yang lembut dengan kuah kental berwarna putih yang khas.

2. Suku Palembang  

   Pempek adalah kuliner terkenal dari suku Palembang, yang dibuat dari adonan ikan tenggiri yang digoreng atau dikukus, kemudian disajikan dengan cuko, kuah cuka yang pedas dan manis.

Pempek hadir dalam berbagai varian, seperti kapal selam, lenjer, adaan, kulit, dan lainnya, dengan cita rasa khas yang berasal dari ikan tenggiri segar.

3. Suku Musi atau Rejang  

   Tekwan adalah kuliner yang berasal dari suku Musi atau Rejang, berupa bola-bola ikan yang direbus dalam kuah udang yang segar.

Kategori :