Daftar 10 Kelompok Rawan Tertular Mpox, Kamu Masuk Rentan Yang Mana

Daftar 10 Kelompok Rawan Tertular Mpox, Kamu Masuk Rentan Yang Mana

9. Ibu hamil dan menyusui

10. Orang yang suka mengonsumsi daging hewan liar

BACA JUGA:Cegah Virus Mpox Menyusup ke Indonesia Melalui WNA, Ini Tindakan Kemenkes RI

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Ni Luh Putu Pitawati mengungkapkan bahwa saat ini, orang yang memiliki tingkat daya tahan tubuh yang belum sempurna hingga rendah.

Seperti bayi; anak di bawah lima tahun; ibu hamil dan menyusui; serta lansia menjadi kelompok yang berisiko tinggi tertular Mpox.

Selain itu, dr. Ni Luh yang kini praktik di RSPI Prof. DR Sulianti Saroso itu juga menyebut, individu yang kerap mengonsumsi daging hewan liar juga berisiko terjangkit Mpox. Terlebih jika daging yang dimakan tidak dimasak hingga matang sempurna.


Foto : Penularan Mpox.-Ilustrasi-Cnbc

"Kita, kan, tidak tahu apakah hewan itu aman dari virus. Sebab, virus ini, kan, juga awalnya berasal dari hewan liar," kata dr. Ni Luh dalam siaran radio Kemenkes RI.

Terbaru, Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes RI, dr. Prima Yosephine menegaskan bahwa pemerintah akan memberikan vaksin Mpox kepada lima kelompok prioritas sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

BACA JUGA:Kenali Gejala Viris Mpox, Kemenkes Siapkan 12 Laboratorium di Indonesia

Yakni LSL, individu yang sering berganti pasangan seks, orang yang memiliki riwayat kontak dengan penderita Mpox dalam dua pekan terakhir.t

Tenaga kesehatan yang menangani pasien Mpox, dan petugas laboratorium pemeriksa spesimen Mpox.

"Sampai saat ini, anak-anak tidak termasuk dalam sasaran yang akan diberikan vaksin Mpox. Namun, petugas kesehatan yang melakukan penanganan kasus Mpox akan diberikan [vaksin] untuk memberi perlindungan dari tertularnya infeksi virus Mpox," jelas dr. Prima.

Sebelumnya, pada 14 Agustus 2024 lalu WHO mengumumkan keadaan darurat internasional terkait Mpox akibat lonjakan kasus varian terbaru Mpox, yakni Clade IB di Republik Demokratik Kongo dan penyebarannya ke negara-negara tetangga.

BACA JUGA:Cacar Monyet Menjangkit LGBT, Tapi Dampaknya Bisa Kena Orang Banyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: