Lemeah Makanan Khas Rejang, Berikut Kuliner Bikin Ngiler di Bengkulu

Lemeah Makanan Khas Rejang, Berikut Kuliner Bikin Ngiler di Bengkulu

Rebung Asam Undak Liling merupakan makanan khas nusantara tetapi banyak yang menyebut makanan ini berasal dari Bengkulu.

Rebung sendiri merupakan tunas bambu yang masih muda sehingga rasanya gurih dan bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan berbentuk seperti sup.

BACA JUGA:Menelusuri Keberagaman Budaya Suku Rejang dengan Adat istiadat yang Menarik

Rebung asam undak liling terbuat dari rebung, keong asam (liling), santan, bawang putih, cabai, kunyit, garam dan lengkuas.

Rebung akan diolah menjadi gulai dan dipadukan dengan keong sawah atau liling. Rebung asam undak liling biasa ditemukan pada masakan rumahan sebagai lauk pauk.

Bagar Hiu.

Bagar hiu merupakan makanan khas dari Bengkulu yang terbuat dari daging ikan hiu. Bagar hiu ini dimasak seperti memasak rendang. Makanan khas Bengkulu ini termasuk makanan yang cukup sulit untuk dibuat karena bau amis dari ikan hiu yang lumayan tinggi.

Kue Siput

Kue Siput adalah makanan khas Bengkulu yang menyerupai cangkang siput. Kue ini sering dijadikan suguhan saat lebaran ini memiliki rasa yang gurih, asin dan agak manis. Kue ini bertekstur renyah dan garing.

BACA JUGA:Mengungkap Bukti Keberagaman Budaya dan Adat Istiadat di Suku Rejang

Kue siput terbuat dari tepung terigu dengan isian kacang yang kemudian digulung seperti siput. Kue siput juga biasa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kota Bengkulu dan dibuat bermacam variasi rasa.

Bubur Sekoi

Bubur sekoi merupakan makanan berupa bubur yang menawarkan rasa manis dan gurih. Bubur sekoi di banyak dijajakan di pinggir jalan sebagai hidangan takjil untuk berbuka puasa terutama di bulan Ramadhan.

Bubur sekoi berbahan dasar dari biji jewawut atau dalam bahasa lokal Bengkulu disebut sekoi dan diolah menjadi bubur. Selain itu bubur sekoi biasa dimasak bersama dengan ubi yang sudah direbus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: