INGAT 4 Negara Ini, Pemasok Utama Senjata ke Israel untuk Menyerang Gaza, AS Terbanyak

INGAT 4 Negara Ini, Pemasok Utama Senjata ke Israel untuk Menyerang Gaza, AS Terbanyak

Foto : Kerusakan ke jakur gaza.-INGAT 4 Negara Ini, Pemasok Utama Senjata ke Israel untuk Menyerang Gaza, AS Terbanyak-Tempo.co

Italia

Italia adalah eksportir senjata terbesar berikutnya ke Tel Aviv, yang menyumbang 0,9% dari impor Israel dari 2019 hingga 2023, menurut laporan SIPRI.

Pada kuartal terakhir tahun 2023, Italia mengekspor senjata dan amunisi ke Israel senilai €2,1 juta, menurut media Italia.

“Pada Desember saja, saat ini di tengah pemboman yang dilakukan tentara dan angkatan udara Israel di Jalur Gaza, yang menimbulkan dampak buruk bagi penduduk sipil, ekspor Italia mencapai 1,3 juta euro.

BACA JUGA:Hamas Tegaskan Tidak Akan Berunding Selama Serangan Israel di Gaza Masih Berlanjut

Sehingga menandai puncak periode tersebut pada Oktober dan pada November)," majalah berita Italia Altreconomia melaporkan.

Menurut Institut Statistik Nasional Italia (ISTAT), sebagian besar ekspor ini berkaitan dengan kategori seperti senapan, senjata pegas, dan senjata serupa yang menggunakan udara atau gas bertekanan.

Sementara itu, sejumlah besar €430.000 dialokasikan untuk suku cadang dan aksesori untuk beragam senjata api, termasuk senapan mesin, revolver, pistol, dan perangkat lainnya.

Inggris

Menteri Luar Negeri David Cameron mengumumkan pada April bahwa Inggris tidak akan menghentikan penjualan senjata ke Israel.

BACA JUGA:Tentara Israel Tewas dalam Pertempuran di Gaza Selatan

Setelah pemeriksaan menyeluruh terhadap pedoman hukum terbaru di tengah krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Gaza.

Perusahaan-perusahaan Inggris seperti BAE Systems tetap terlibat dalam memasok persenjataan ke Israel.

Termasuk komponen untuk jet tempur F-15, F-16, dan F-35, menurut laporan Action on Armed Violence yang berbasis di London.

Inggris memasok sekitar 15% komponen pembom siluman F-35 yang saat ini digunakan di Gaza, menurut Human Rights Watch.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: