Sejarah Patung Patung Fontana di Trevi, Situs Ilonik di Italia

Sejarah Patung Patung Fontana di Trevi, Situs Ilonik di Italia

PAGARALAMPOS.COM - Fontana di Trevi dibangun antara tahun 1732 dan 1762. Hingga kini, Fontana di Trevi tetap menjadi salah satu situs paling ikonik di Italia untuk dikunjungi. Air mancur ini terletak di kawasan wisata populer di Roma.

“Situs ini telah berkali-kali ditampilkan dalam budaya populer, termasuk film La Dolce Vita tahun 1960 karya Federico Fellini,” tulis Elizabeth Berry di laman The Collector.

Terhubung ke saluran air dari era Kekaisaran Romawi, patung-patung mengesankan menggambarkan dewa-dewa mitologis yang berkaitan dengan air dan kesuburan Bumi.

Pembangunan Fontana di Trevi

Mari kita lihat lebih dekat patung-patung yang ditampilkan di air mancur terkenal ini dan simbolismenya.

BACA JUGA:Keunggulan Yunani sebagai Episentrum Peradaban Global Hingga Kini

Meskipun pembangunan Fontana di Trevi baru dimulai pada tahun 1732, idenya sudah ada jauh sebelum itu.

Potensi renovasi air mancur di Piazza telah dipertimbangkan sejak tahun 1620-an. Bahkan, desain air mancur ini sudah dibuat selama bertahun-tahun oleh seniman terkenal Italia Gian Lorenzo Bernini dan Pietro da Cortona.

Meskipun baru dibangun satu abad kemudian, cetak biru Bernini dan Da Cortona terbukti sangat berpengaruh pada pembangunan Fontana di Trevi.

Pada tahun 1730, Paus Clement XII mengadakan kontes untuk menentukan arsitek mana yang akan memenangkan proyek pembangunan.

BACA JUGA:Sejarah Terusan Xerxes, Jejak Proyek Kekaisaran Persia Menginvasi Yunani Kuno

Meskipun Alessandro Galilei, anggota keluarga Galileo Galilei, memenangkan kontes awal, proyek tersebut akhirnya diberikan kepada arsitek Nicola Salvi. Hal ini terjadi karena masyarakat menginginkan orang Romawi yang membangun air mancur.

Fontana di Trevi dibangun di persimpangan tiga jalan Roma: Via Delle Murate, Via Poli, dan Via De’Crocicchi.

Kepala arsitek Nicola Salvi mengerjakan Fontana di Trevi selama bertahun-tahun hingga dia meninggal pada tahun 1751.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: