Jika Menyerang Lebanon, Iran Kerahkan Front Perlawanan Regional

Jika Menyerang Lebanon, Iran Kerahkan Front Perlawanan Regional

Foto : Pertemuan Petinggi Iran-Jika Menyerang Lebanon, Iran Kerahkan Front Perlawanan Regional-Tempo.co

PAGARALAMPOS.COM - Iran pada hari Sabtu memperingatkan bahwa "Front Perlawanan", yang terdiri dari Iran dan sekutu regionalnya, akan menghadapi Israel jika menyerang Lebanon.

Komentar misi Iran di New York muncul di tengah kekhawatiran akan perang regional yang lebih besar antara Israel dan gerakan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon.

Sejak serangan Israel ke Gaza dimulai pada awal Oktober, hampir setiap hari terjadi baku tembak antara kedua belah pihak.

Terjadi peningkatan jumlah penembakan pada bulan ini, serta peningkatan pernyataan permusuhan dari kedua belah pihak.

BACA JUGA:Iran Sebut Israel Bakalan Jadi Pecundang Besar, Perang Lawan Hizbullah

Militer Israel mengumumkan bahwa rencana untuk menyerang Lebanon telah "disetujui dan dikonfirmasi," dan Hizbullah menjawab bahwa tidak ada orang Israel yang akan terhindar dari konflik skala penuh.

Dalam postingan di platform media sosial. Namun, dia mengatakan: ``Jika mereka melancarkan invasi militer skala penuh, hal ini akan mengakibatkan perang yang menghancurkan, termasuk partisipasi penuh dari semua front perlawanan.'

Pilihan ada pada meja perundingan,” tambahnya. Gaza dimulai pada 7 Januari, dengan militan Hamas Palestina menyerang Israel selatan pada bulan Oktober.

Serangan lintas batas antara Hizbullah dan pasukan Israel telah meningkatkan ketegangan di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel.

BACA JUGA:Lebanon Perang dengan Israel, Tujuh Negara Minta Warganya Segera Mengungsi

Tel Aviv melanjutkan serangan mematikannya di Jalur Gaza yang telah merenggut lebih dari 37.800 nyawa sejak 7 Oktober.

Iran, yang mendukung Hamas, memuji serangan itu sebagai keberhasilan namun membantah terlibat.

Sejalan dengan serangan Hizbullah di Israel utara, pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman telah berulang kali menyerang kapal komersial Israel.

atau ke Israel di wilayah Laut Merah. Hal ini merupakan bentuk solidaritas terhadap Palestina. Iran juga mendukung kelompok lain di kawasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: