Tim OTS Wantannas RI Berikan Sorotan dalam Kajian Karhutla di Sumsel

Tim OTS Wantannas RI Berikan Sorotan dalam Kajian Karhutla di Sumsel

Tim OTS Wantannas RI Berikan Sorotan dalam Kajian Karhutla di Sumsel--

PAGARALAMPOS.COM - Hari Rabu, 26 Juni 2024, menjadi momen penting bagi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, dengan kedatangan Tim On The Spot (OTS) dari Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI.

Kedatangan ini bertujuan untuk melakukan Pelaksanaan Kajian Daerah yang fokus pada penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumsel.

Tim yang dipimpin oleh Deputi Sistem Nasional Dewan Ketahanan Nasional RI, Mayjen TNI Syachrial E. Siregar, melakukan evaluasi mendalam terhadap langkah-langkah strategis dan upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi masalah karhutla ini.

Pj Gubernur Elen Setiadi dalam kesempatan ini menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak terkait, termasuk Pangdam, Kapolda, BPBD, BMKG, serta Pemerintah Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:Provinsi Sumsel dan 3 Daerah Tetapkan Status Darurat Karhutla, Ini Wilayahnya!

"Kolaborasi yang solid dengan stakeholder merupakan kunci dalam penanganan karhutla," ujarnya dengan tegas.

Langkah-langkah konkret telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel, seperti pembentukan satuan tugas (satgas), pendirian posko di daerah rawan karhutla, sosialisasi kepada masyarakat, serta pelaksanaan apel siaga untuk memastikan kesiapan pasukan.

Namun, tantangan terbesar yang dihadapi adalah mengubah budaya membakar lahan yang masih menjadi kebiasaan di beberapa masyarakat.

Pj Gubernur menggarisbawahi pentingnya penerapan teknologi dalam mendukung perubahan ini, dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat melalui kelompok tani.

BACA JUGA:Silaturahmi Antara Pj Gubernur Sumsel dan Pangdam II/Sriwijaya, Bahas Hal Penting Ini!

Secara spesifik, Pj Gubernur Elen Setiadi menyampaikan apresiasinya atas dilaksanakannya kajian ini oleh Tim OTS Wantannas RI di Sumsel, dengan harapan hasil kajian dapat memberikan dampak positif yang signifikan untuk masa depan daerah ini.

"Kajian ini tidak hanya penting untuk penanggulangan saat ini tetapi juga untuk pencegahan karhutla di masa mendatang," tutupnya optimis.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait, termasuk Staf Ahli Bidang Pertahanan dan Keamanan, Karo Umum, serta perwakilan dari berbagai analis kebijakan dari Desisnas.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Melakukan Inspeksi Mendadak, Ini Kantor Yang Terkena Sidak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: