Sering Merasa Sakit di Badan? Inilah 6 Penyebab Utamanya yang Harus Kamu Ketahui

Sering Merasa Sakit di Badan? Inilah 6 Penyebab Utamanya yang Harus Kamu Ketahui

Sering Merasa Sakit di Badan? Inilah 6 Penyebab Utamanya yang Harus Kamu Ketahui-Foto: net-

Dengan mengetahui cara-cara ini, Anda bisa mencegah kondisi tenggorokan semakin parah.

Sakit tenggorokan sering kali disertai dengan peradangan pada amandel, dan biasanya disebabkan oleh virus, meskipun bakteri seperti  Streptococcus juga bisa menjadi penyebabnya.

Berikut adalah 5 tips untuk meredakan sakit tenggorokan:

1. Pelega Tenggorokan

Pelega tenggorokan bisa berupa obat atau permen keras seperti lozenges yang mengandung antiseptik, pereda nyeri, mentol, minyak eukaliptus, atau dextromethorphan. Bahan-bahan ini dapat meredakan nyeri, membunuh kuman, dan mengurangi kemerahan di tenggorokan.

2. Obat Pereda Nyeri

Obat-obatan seperti ibuprofen, aspirin, atau paracetamol dapat membantu mengurangi nyeri dan ketidaknyamanan akibat sakit tenggorokan.

Paracetamol, misalnya, dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat infeksi virus, yang biasanya sembuh dalam waktu 5—7 hari.

3. Antibiotik

Jika sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik seperti penicillin atau amoxicillin. Antibiotik tidak efektif untuk infeksi virus, dan harus dihabiskan untuk memastikan infeksi bakteri sepenuhnya teratasi.

4. Antihistamin

Antihistamin dapat meredakan gejala sakit tenggorokan yang disebabkan oleh alergi.

Obat ini bekerja dengan menghambat histamin, zat yang dilepaskan tubuh saat terpapar alergen, sehingga gejala alergi bisa berkurang. Antihistamin tersedia dalam bentuk tablet, sirup, semprotan hidung, dan tetes mata.

5. Semprotan Hidung Steroid

Semprotan hidung steroid efektif untuk mengurangi peradangan pada lapisan hidung akibat hay fever atau kondisi serupa. Obat ini perlu digunakan secara rutin dan benar untuk memberikan hasil yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: