Korsel Upgrade Jet Tempur KF-21 Boramae, Transformasinya Tiga Varian

Korsel Upgrade Jet Tempur KF-21 Boramae, Transformasinya Tiga Varian

IWB akan mengurangi tanda deteksi radar pesawat mengingat senjata akan disimpan secara internal (seperti pada F-22 dan F-35) dan memungkinkan KF-21 mencapai karakteristik siluman generasi kelima yang sebenarnya.


Foto : Jet tempur Korsel.-Korsel Upgrade Jet Tempur KF-21 Boramae, Transformasinya Tiga Varian-Indomiliter.com

Empat rudal udara-ke-udara jarak jauh Meteor atau delapan amunisi udara-ke-darat yang lebih kecil akan disimpan di IWB Boramae.

BACA JUGA:Korsel Melunak, Terima Permintaan Diskon Pembayaran Angsuran KF-21 Boramae

KF-21EX juga dimaksudkan untuk memainkan peran penting dalam Next Air Combat System (NACS), jaringan masa depan yang memanfaatkan  drone loyal wingman dan tautan data satelit.

Untuk maksud mengubah KF-21 menjadi jet tempur generasi kelima, Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF) telah secara resmi memerintahkan studi kelayakan untuk meningkatkan kemampuan KF-21 di masa depan.

KF-21 SA Boramae

Varian ketiga Boramae, yang KF-21SA, dirancang khusus untuk kebutuhan pelanggan ekspor. KF-21SA.

Meskipun tetap mempertahankan spesifikasi dasar yang mirip dengan varian standar yang digunakan RoKAF, akan memungkinkan penyesuaian senjata dan peralatan internal untuk memenuhi kebutuhan masing-masing negara.

BACA JUGA:Farewell Flight F-4E Phantom Korsel, Tak Berasa 55 Tahun Pengabdian

Saat ini, meskipun konfigurasi akhir model ekspor masih belum ditentukan, negosiasi dengan pembeli potensial sedang berlangsung.

Namun, masih terdapat kendala besar dalam pengembangan ketiga varian ini, yakni karena penelitian dan pendanaan tambahan diperlukan.

Sebelum pengembangan skala penuh dapat dimulai, seperti yang ditekankan oleh Kim Min-seok, anggota Forum Keamanan Pertahanan Korea.

“Ketiga varian KF-21 perlu penelitian dasar tentang kelayakan pengembangan. Diperlukan waktu lebih dari 10 tahun untuk menerima desain rinci dan biaya pengembangan dan melanjutkan ke pengembangan skala penuh.”

BACA JUGA:Setelah Sukses Pemasaran Jet Tempur FA-50 di Eropa, Korsel Ekspansi Pasar AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: