Pusat Kerajaan Sunda: Perjalanan Sejarah dari Pakuan Pajajaran ke Kawali

Pusat Kerajaan Sunda: Perjalanan Sejarah dari Pakuan Pajajaran ke Kawali

Pusat Kerajaan Sunda-Kolase by pagaralampos.com-Net

BACA JUGA:Mengerikan, Misteri Ular Berkepala 3 yang Miliki Mitos dan Fakta!

Ketika terjadi peristiwa Bubat, yang menandai titik balik penting dalam sejarah Sunda, Wastu Kañcana masih tergolong kecil sehingga pemerintahan sementara diserahkan kepada pengasuhnya, Hyang Bunisora.

Ini mencerminkan kompleksitas politik pada masa itu, di mana kekuasaan dan pengaruh berubah tangan dalam upaya untuk mempertahankan integritas kerajaan.

Secara keseluruhan, pemindahan pusat kerajaan dari Pakuan Pajajaran ke Kawali bukan hanya peristiwa sejarah biasa. 

Ia menandai ketangguhan dan perjuangan sebuah kerajaan dalam menghadapi tantangan zaman. 

BACA JUGA:Inilah Misteri dan Mitos Gunung Dempo, Salah Satunya Ada Mitos Kayu Panjang Umur

Kawali, dengan segala keindahan alam dan sejarahnya, menjadi penanda penting dalam warisan budaya dan sejarah Sunda yang patut dilestarikan dan dipelajari oleh generasi masa kini. 

Melalui pemahaman akan perjalanan sejarah ini, kita dapat lebih menghargai kekayaan budaya dan keberanian nenek moyang kita dalam menghadapi ujian zaman.*

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 04 Juni 2024 - 05:45 WIB oleh Avirista Midaada dengan judul "Legenda Surawisesa, Istana Megah Kerajaan Sunda di Astanagede Kawali". Untuk selengkapnya kunjungi:

https://daerah.sindonews.com/read/1389307/29/legenda-surawisesa-istana-megah-kerajaan-sunda-di-astanagede-kawali-1717452374

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: