Keiler NG Miirip MBT, Ransus Pelibas Medan Ranjau

Keiler NG Miirip MBT, Ransus Pelibas Medan Ranjau

Foto : Ransus pelibas ranjau.-Keiler NG Miirip MBT, Ransus Pelibas Medan Ranjau-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Pengalaman operasi di Ukraina membawa pelajaran berharga, salah satunya adalah pentingnya kendaraan khusus (ransus) pelibas medan ranjau.

Selain varian yang hadir berupa kendaraan tanpa awak, dalam banyak hal tetap dibutuhkan kehadiran ransus lapis baja berawak yang menawarkan keunggulan performa.

Seperti K600 Korean Combat Engineering Vehicle (KCEV) dan M1150 Assault Breacher Vehicle, yang keduanya dirancang dengan sasis Main Battle Tank (MBT).

Dan dari pameran pertahanan Eurosatory 2024 yang dihelat di Paris, Perancis (17 – 21 Juni 2024), manufaktur alutsista asal Jerman, Rheinmetall meluncurkan ransus pelibas medan ranjau generasi terbaru yang disebut Keiler Next Generation (NG), yang masuk kategori Armoured Breaching Vehicle (ABV).

BACA JUGA:Dislitbang TNI AD Serahkan Sertifikasi Prototipe Ransus Pembawa Amunisi Roket ASTROS II

Rheinmetall dalam siaran pers menyebut Keiler NG dirancang untuk membuka penghalang dengan cepat dalam pertempuran.

Keiler NG memenuhi semua persyaratan taktis saat ini dan ditandai dengan kemampuan bertahan yang tinggi.

Keiler NG diklaim sebagai ABV yang sangat terlindungi dan dilengkapi dengan bajak ranjau (mine plough), rocket-assisted mine clearing line charge dan magnetic signature duplicator.

Kombinasi tiga perangkat tersebut memungkinkan Keiler NG untuk menembus rintangan musuh yang terdalam di segala medan.

BACA JUGA:Zemledeliye Mine Laying System, Ransus Penyebar Ranjau Andalan Rusia di Perang Ukraina

Komponen utama yakni Pearson mine plough, punya lebar lebih dari empat meter, memungkinkan kecepatan menyapu ranjau hingga 250 meter per menit di permukaan tanah yang tidak stabil.

Untuk melibas ranjau di permukaan tanah yang padat, tersedia rocket-assisted mine clearing sweeping line charge (MICLIC) “Plofadder” system buatan Rheinmetall Denel Munition.

Sistem ini mampu membuka celah sepanjang 160 meter dan lebar sembilan meter di ladang ranjau dan rintangan dalam hitungan menit.

Ditembakkan dalam semburan yang tumpang tindih, dua sistem Plofadder dari Keiler NG memungkinkan untuk mengatasi ladang ranjau seluas 250 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: