Finlandia Order Rudal Jelajah Jarak Jauh Untuk F-35A, Hulu Ledaknya Seperti InI

Finlandia Order Rudal Jelajah Jarak Jauh Untuk F-35A, Hulu Ledaknya Seperti InI

Foto : Pesawat Temour Hornet.-Finlandia Order Rudal Jelajah Jarak Jauh Untuk F-35A, Hulu Ledaknya Seperti InI-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah Finlandia bergabung dengan NATO, otomatis negara Skandinavia tersebut akan mendapat prioritas pembelian alutsista dari Amerika Serikat.

Dan pembelian 64 pesawat tempur siluman F-35A Lightning II telah selesai, batch pertama dijadwalkan tiba pada tahun 2026.

Kementerian Pertahanan Finlandia juga dilaporkan baru-baru ini memesan AGM-158B JASSM (Joint Air-to). Rudal jelajah jarak jauh (Surface Standoff Missile) ER (Exended Range).

AGM-158B JASSM ER bertepatan dengan program integrasi F-35A Angkatan Udara Finlandia.

BACA JUGA:AU Korsel Pensiunkan Jet Tempur F-4E Phantom dan Rudal Jelajah, Ada Apa Ya

Pada tanggal 31 Mei 2024, Menteri Pertahanan Finlandia Antti Hakkenen mengumumkan akuisisi AGM-158B JASSM ER dari Lockheed Martin.

Sebelum bergabung dengan NATO, Angkatan Udara Finlandia sudah menggunakan rudal tipe "A" (AGM-158A JASSM), siap diluncurkan oleh pesawat tempur Boeing FA-18C/D Hornet.

Pengumuman akuisisi JASSM-ER oleh Finlandia terjadi empat tahun setelah Washington menyetujui rencana untuk menjual JASSM-ER ke Finlandia.

Ini adalah bagian dari paket yang lebih luas yang mendukung penerapan F-35A dari program HX Angkatan Udara Finlandia untuk menggantikan armada pesawat tempur Hornet.

BACA JUGA:Bikin Cina Gerah, Hari Ini Rudal Jelajah Brahmos LACM Tiba di Filipina

Sebagai perbandingan: AGM-158A JASSM memiliki jangkauan 370 kilometer, sedangkan AGM-158B JASSM ER dapat mencapai target hingga jarak 1.000 kilometer.

Berkat diperkenalkannya mesin turbofan baru dan tambahan kapasitas bahan bakar. Jika diamati lebih dekat, terungkap bahwa JASSM ER memiliki jangkauan hingga 1.000 kilometer, yang merupakan ancaman serius bagi Rusia.

Alasannya, rudal tersebut tidak hanya bisa diluncurkan dari wilayah perbatasan Finlandia tetapi juga menyerang ibu kota.

Seperti St. Petersburg, Moskow juga berada dalam jangkauan AGM-158B JASSM ER.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: