Perluas Range Tanam, Optimalisasi Lahan Tadah Hujan, Pj Wako Pagaralam Ikuti Vidcon Rakor PAT

Perluas Range Tanam, Optimalisasi Lahan Tadah Hujan, Pj Wako Pagaralam Ikuti Vidcon Rakor PAT

Perluas Range Tanam, Optimalisasi Lahan Tadah Hujan, Pj Wako Pagaralam Ikuti Vidcon Rakor PAT--

BACA JUGA:Masuk Daftar Organisasi Teroris, Rusia Punya Hubungan dengan Taliban?

Program pompanisasi dan pipanisasi yang diusung dalam rakor ini bukan hanya sekedar upaya teknis, tetapi juga strategi yang mencakup berbagai aspek sosial dan ekonomi.   

Di Pagar Alam, program ini akan diimplementasikan dengan mempertimbangkan karakteristik lahan lokal dan kebutuhan petani.

Optimalisasi lahan tadah hujan melalui pompanisasi dan pipanisasi diharapkan dapat membuka peluang baru bagi petani dalam meningkatkan hasil panen mereka.

Selain itu, program ini juga diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada pasokan pangan dari luar daerah, sehingga meningkatkan kemandirian pangan Pagar Alam.   

BACA JUGA:Nekat Hadang Kopassus, OPM Dibikin Begini oleh Pasukan Elit TNI AD

Untuk memastikan keberhasilan program ini, pemerintah daerah Pagar Alam akan melakukan berbagai langkah pendukung, termasuk pelatihan bagi petani, peningkatan infrastruktur pertanian, dan pemantauan berkala terhadap progres implementasi program.

Partisipasi aktif dari petani dan masyarakat lokal juga akan menjadi kunci penting dalam mencapai target yang telah ditetapkan.   

Langkah ini tidak hanya sebatas peningkatan produktivitas lahan, tetapi juga diharapkan dapat mengatasi beberapa isu penting lainnya, seperti pengangguran di pedesaan dan migrasi urban.

Dengan meningkatkan daya tarik sektor pertanian melalui program-program seperti ini, pemerintah berharap dapat mengembalikan minat generasi muda untuk terlibat dalam pertanian. 

BACA JUGA:Pengurangan Impor BBM Sun Based di Indonesia, Keberhasilan Penerapan Biodiesel 40D44

Keberhasilan program ini akan sangat bergantung pada kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat.

Dengan komitmen yang kuat dari semua pihak, program pompanisasi dan pipanisasi diharapkan dapat menjadi show sukses yang dapat direplikasi di daerah-daerah lain di Indonesia.   

Dengan demikian, melalui upaya optimalisasi lahan tadah hujan ini, Indonesia dapat semakin memperkuat ketahanan pangannya dan mengurangi dampak inflasi yang sering kali menjadi tantangan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: