Generasi Muda Pagaralam Bersuara, Aksi Anak Padi di Depan PLTU untuk Menyelamatkan Lingkungan

Generasi Muda Pagaralam Bersuara, Aksi Anak Padi di Depan PLTU untuk Menyelamatkan Lingkungan

Generasi Muda Pagaralam Bersuara, Aksi Anak Padi di Depan PLTU untuk Menyelamatkan Lingkungan --

PAGARALAMPOS.COM - Pada Rabu, 5 Juni, saat dunia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sebuah aksi protes yang dipelopori oleh Yayasan Anak Padi bersama organisasi Lingkungan lainnya menggema di depan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Keban Agung, yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakar.

Aksi ini bertujuan untuk menyuarakan keprihatinan terhadap degradasi lingkungan yang terjadi di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Indonesia.   

Dalam keterangan resmi yang disampaikan oleh koordinator aksi, Reza Yuliana, tema Hari Lingkungan Sedunia tahun ini, 'Our Arrive Our Future', menjadi pijakan bagi mereka untuk menyoroti kondisi lingkungan di daerah mereka.   

Eksploitasi batu bara, yang menjadi pilihan utama sebagai sumber daya energi di daerah tersebut, telah membawa dampak serius bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Film Ghost Writer 2, Tatjana Saphira Terjebak Hubungan Dua Dunia

BACA JUGA:Edukasi Siswa di SMAN 5 Dukung Ketahanan Pangan di Sumatera Selatan

Menurut Reza, pemukiman masyarakat kini dikepung habis-habisan oleh aktivitas pertambangan, sementara PLTU yang beroperasi di sekitarnya menambah beban dengan masalah polusi dan pemadaman listrik yang sering terjadi.   

Meskipun masyarakat sekitar PLTU masih mengalami krisis listrik, mereka harus mempertaruhkan lingkungan dan kesehatannya.

"Udara, air, dan tanah sudah tercemar bahkan banyak living space greenery dan fauna terancam punah akibat tambang batu bara," tambah Reza.   

Aksi ini bukan hanya sekadar unjuk kekuatan, tetapi juga merupakan panggilan untuk bertindak.

BACA JUGA:Polres Pagaralam Salurkan Bantuan Air Bersih ke Masyarakat yang Membutuhkan

BACA JUGA:Pemkot Pagar Alam dan Masyarakat Bersatu Menekan Angka Stunting dan Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anak

Reza menjelaskan bahwa tujuan dari aksi ini adalah untuk menekan Pemerintah Kabupaten Lahat agar memberikan solusi terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi.

"Kami juga berharap generasi muda di Kabupaten Lahat dapat berkontribusi besar dalam menyuarakan kerusakan lingkungan dan memperjuangkan hak atas lingkungan yang baik dan sehat," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: