Mampu Jaga Sistem Kekebalan Tubuh! Simak Manfaat Sehat Lainnya dari Buah Alkesa

Mampu Jaga Sistem Kekebalan Tubuh! Simak Manfaat Sehat Lainnya dari Buah Alkesa

Mampu Jaga Sistem Kekebalan Tubuh! Simak Manfaat Sehat Lainnya dari Buah Alkesa -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Buah alkesa, juga dikenal sebagai sawo mentega, mengandung beragam nutrisi seperti serat, vitamin, dan antioksidan.

Buah ini memiliki bentuk yang mirip dengan sawo dan rasa yang menyerupai ubi Cilembu, sehingga juga sering disebut sebagai ubi jalar atau sawo alpukat. Di Amerika Tengah dan Meksiko Selatan, buah ini dikenal dengan nama Canistel, Egg Fruit, atau Yellow Sapote.

Buah alkesa, yang dikenal dengan nama ilmiah Pouteria campechiana, berasal dari Meksiko. Di Indonesia, buah ini disebut sawo mentega karena bentuknya yang mirip sawo dan warnanya yang kuning seperti kuning telur.

Buah alkesa mengandung senyawa karotenoid, polifenol, dan flavonoid seperti quercetin, myricetrin, dan asam galat, yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antimikroba, dan antiobesitas.

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Sakit! Begini Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

Berikut adalah lima manfaat buah alkesa bagi kesehatan:

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Warna kuning cerah buah alkesa menunjukkan tingginya kandungan vitamin C. Menurut studi dalam Journal of Agriculture and Food Research (2022), kandungan vitamin C dalam buah ini bisa mencapai 106,42 mg per 100 gram jika dikonsumsi bersama kulitnya.

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh untuk melawan berbagai penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi lainnya.

2. Mengurangi gejala diare

Buah alkesa memiliki komponen antimikroba atau antibakteri yang membantu mengurangi gejala diare. Penelitian dalam Journal of Functional Foods (2023) menunjukkan bahwa buah alkesa mentah dan ekstrak bijinya efektif melawan bakteri Escherichia coli penyebab diare, sehingga membantu mempercepat pemulihan.

BACA JUGA:Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Berpuasa untuk Jaga Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Simak Rahasia Tersembunyi dari Labu Kuning yang Mampu Jaga Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: