Pentingnya EMIS dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah, Begini Kata Kepala MAN 1 Pagar Alam!

 Pentingnya EMIS dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah, Begini Kata Kepala MAN 1 Pagar Alam!

Pentingnya EMIS dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah, Begini Kata Kepala MAN 1 Pagar Alam!--

PAGARALAMPOS.COM - Dalam era digital yang semakin maju, pengelolaan data menjadi salah satu aspek krusial dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan.

Kepala MAN 1 Pagar Alam, Hj. Neliana, S.Ag, MM, menegaskan bahwa membangun data itu mahal, tetapi lebih mahal lagi membangun tanpa data.

Pernyataan ini diutarakannya saat memantau kinerja operator Education Management Information System (EMIS) belum lama ini.

EMIS adalah sistem informasi manajemen pendidikan yang berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menganalisis data pendidikan.

BACA JUGA:Ini Langkah DPRD Kota Pagaralam Mengatasi Kelangkaan LPG 3Kg!

Sistem ini menjadi tulang punggung bagi institusi pendidikan, terutama Madrasah, dalam melakukan berbagai aktivitas manajemen dan pengambilan keputusan.

Dalam konteks ini, Neliana menggarisbawahi pentingnya ketelitian dan konsistensi dalam mengupdate data EMIS oleh operator atau guru yang bertugas.

“Updating data EMIS ini merupakan langkah awal dalam pengelolaan lembaga pendidikan Madrasah dan data awal dalam pencairan keuangan seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), tunjangan profesi, dan lain sebagainya,” ujar Neliana.

Dengan demikian, EMIS bukan hanya sekadar alat administratif, tetapi juga fundamental dalam menjamin keberlangsungan berbagai program pendanaan dan kesejahteraan guru serta siswa.

BACA JUGA:Masalah Pendistribusian Gas LPJ 3 Kg di Kota Pagaralam Berhasil Diatasi Usai Rapat RDP

Selain aspek keuangan, Neliana menjelaskan bahwa EMIS juga memainkan peran penting dalam mengukur potensi Madrasah.

Melalui data yang akurat dan terupdate, pihak sekolah dapat melihat sejauh mana kualitas pendidikan yang telah dicapai serta mengidentifikasi kekurangan yang perlu diperbaiki.

"Selain bisa melihat potensi yang dimiliki Madrasah, kita juga bisa melihat sejauh mana kekurangan Madrasah dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan Madrasah," paparnya.

Lebih lanjut, Neliana menambahkan bahwa data EMIS yang terupdate dapat digunakan oleh pimpinan untuk pengambilan kebijakan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: