Gunung Berapi Raksasa dan Lapisan Es Tersembunyi Berhasil Ditemukan Ilmuwan di Planet Mars

Gunung Berapi Raksasa dan Lapisan Es Tersembunyi Berhasil Ditemukan Ilmuwan di Planet Mars

Gunung Berapi Raksasa dan Lapisan Es Tersembunyi Berhasil Ditemukan Ilmuwan di Planet Mars -Foto: net-

Gunung berapi yang belum dinamai ini terletak di antara dua landmark Mars yang paling ikonik: Noctis Labyrinthus dan Valles Marineris. 

Dengan ukuran yang begitu masif, gunung ini diyakini telah aktif selama jutaan tahun dan mungkin masih aktif hingga saat ini.

BACA JUGA:Perjalanan Spiritual di Candi Mendut: Mendalami Kekayaan Sejarah Magelang, Benarkah Lebih Tua dari Borobudur?

BACA JUGA:Sebuah Transformasi Bersejarah Biara Khora di Turki Kembali Jadi Masjid Kariye

Di puncak gunung, terdapat sebuah mesa—dataran tinggi yang rata—dengan lereng yang menyebar luas hingga 225 kilometer ke segala arah. 

Di pusatnya, terlihat bekas kawah yang telah runtuh, yang diperkirakan dulunya adalah danau lava. Sisa-sisa aliran lava dan deposit mineral vulkanik juga terlihat di sekitarnya.

Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab, termasuk berapa lama gunung ini aktif dan apakah masih menunjukkan aktivitas. 

Jika gunung berapi ini telah aktif selama periode yang panjang, kombinasi panas yang berkelanjutan dan air dari lapisan es mungkin telah menciptakan kondisi yang ideal untuk mendukung kehidupan.

Penemuan ini, yang pertama kali terlihat dalam foto-foto yang diambil oleh pesawat ruang angkasa yang mengorbit Mars sejak misi Mariner 9 NASA pada tahun 1971, menandai babak baru dalam eksplorasi Mars dan pencarian kehidupan di alam semesta.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: