Kebenaran Terungkap: Prabu Siliwangi, Pemeluk Islam yang Dikenang Sebagai Pahlawan

Kebenaran Terungkap: Prabu Siliwangi, Pemeluk Islam yang Dikenang Sebagai Pahlawan

Prabu Siliwangi-Kolase by Pagaralampos.com-net

PAGARALAMPOS.COM - Prabu Siliwangi, sosok yang melambangkan kearifan dan keadilan dalam sejarah Jawa Barat, mendapat sorotan baru.

Ketua Pengurus Cabang Lesbumi NU Bogor, Bambang "Ciras" Sudarsono, mengungkap bahwa Prabu Siliwangi sebenarnya adalah seorang Muslim. 

Dalam keterangannya kepada NU Online, Bambang menyebut bahwa Prabu Siliwangi diislamkan oleh Syekh Hasanuddin, atau dikenal sebagai Syaikh Quro, seorang ulama besar yang memainkan peran penting dalam Islamisasi di Jawa Barat.

Menurut penelusuran dari naskah kuno, Prabu Siliwangi memeluk Islam saat hendak menikahi Nyi Subang Larang, seorang santri di pesantren yang dipimpin oleh Syaikh Quro di Karawang.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat, Sifat dan Karakter Pandawa Lima dalam Kisah Pewayangan Mahabharata

BACA JUGA:Silsilah Keluarga Mahabharata, Mengungkap Asal Usul Pandawa dan Kurawa

 

 

 

Hal ini menggugah Bambang untuk menegaskan bahwa Prabu Siliwangi bukanlah penganut Hindu, melainkan seorang Muslim yang berperan besar dalam Islamisasi di Tatar Sunda.

Berbagai sumber sejarah, termasuk Buku Carita Purwaka Caruban Nagari yang ditulis oleh Pangeran Arya Cirebon, menguatkan klaim bahwa Prabu Siliwangi masuk Islam. 

Kontribusinya terhadap islamisasi di Jawa Barat sangat signifikan, membuka jalan bagi mayoritas masyarakat setempat untuk memeluk agama Islam. 

Hal ini mengilhami istilah "Islam Sunda" dan "Sunda Islam" yang populer di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Menjelajahi Sejarah Kerajaan Sriwijaya dan Mengenal 10 Peninggalannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: