Komoditi Perkebunan Yang Ditampilkan Petani Jadi Sorotan Utama Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat

Komoditi Perkebunan Yang Ditampilkan Petani Jadi Sorotan Utama Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat

Komoditi Perkebunan Yang Ditampilkan Petani Jadi Sorotan Utama Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat--

PAGARALAMPOS.COM - Pameran dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Lahat ke-155 telah menjadi sorotan utama bagi Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat, memperkenalkan ragam komoditi perkebunan dari Bumi Seganti Setungguan.

Tidak hanya sekadar memamerkan hasil buah, pameran tersebut juga menampilkan produk olahan yang telah diolah dengan cermat oleh para petani setempat.

Kepala Dinas Perkebunan Pemkab Lahat, Vivi Anggraini SSTP MSi, menegaskan bahwa pameran ini merupakan kesempatan emas untuk mengenalkan kepada masyarakat luas potensi komoditas perkebunan yang dimiliki oleh Kabupaten Lahat.

Lebih dari itu, pihaknya juga bertujuan untuk menunjukkan bahwa para petani di wilayah tersebut memiliki keterampilan dalam mengolah hasil perkebunan dengan kualitas yang memuaskan.

BACA JUGA:Maju Pilkada Pagaralam Jalur Independent, Muhaimin – Elvera Serahkan 13.843 Berkas Dukungan

"Melalui pameran ini, kami ingin menginspirasi para petani untuk terus berkarya. Kami percaya bahwa dengan pengolahan yang baik, hasil dari komoditi perkebunan juga akan meningkat, dan yang lebih penting lagi, komoditi ini sangat berperan dalam kehidupan masyarakat luas," ujar Vivi pada Kamis (16/5/2024).

Vivi menjelaskan bahwa di antara komoditi perkebunan yang dipamerkan termasuk biji kopi, kakao, kelapa, kemiri, dan kulit kayu manis.

Selain itu, terdapat juga bibit kelapa sawit yang merupakan hasil penangkaran lokal yang telah tersertifikasi dan legal.

Tidak ketinggalan, beberapa produk olahan dari hasil perkebunan juga turut dipamerkan, seperti bubuk kopi lokal yang kini menjadi fokus pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah tersebut.

BACA JUGA:Hepy Kembalikan Berkas Pencalonan, Siap Bersaing dalam Pilkada 2024-2029 di Kota Pagaralam

"Ini adalah salah satu upaya petani dalam diversifikasi produk dan peningkatan nilai tambah. Kami menginginkan agar tidak hanya menjual hasil perkebunan dalam bentuk mentah, tetapi juga mengolahnya menjadi produk bernilai tambah," tambahnya.

Vivi berharap agar semangat inovasi dan kemandirian terus ditingkatkan oleh para petani guna meningkatkan pendapatan mereka.

Di samping itu, pihaknya juga akan terus memberikan dukungan melalui program-program yang telah direncanakan, termasuk bantuan fisik, penyediaan bibit, alat pertanian, serta penyuluhan dan pendampingan langsung kepada para petani.

Komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petani juga diungkapkan oleh Vivi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: