Wako Serahkan Bantuan Mesin Huller Kopi dan Bibit Buah Kepada Petani Pagar Alam

Wako Serahkan Bantuan Mesin Huller Kopi dan Bibit Buah Kepada Petani Pagar Alam

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Kemajuan di sektor pertanian dan kesejahteraan petani jadi fokus pemerintah kota Paga Alam. 

Untuk itu, berbagai program disalurkan kepada petani melalui kelompok. Seperti halnya dilakukan Pemkot Pagar Alam melalui Dinas Peranian Kota Pagar Alam, Sabtu (8/7/2023), bertempat di Lapangan Merdeka, Kecamatan Pagar Alam Utara diserahkan bantuan mesin huller kepada petani kopi sebanyak 23 unit.

Bersamaan dengan ivent Festival Coffee Pagar Alam 2023, penyerahan bantuan mesin huller kopi simbolis oleh Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni.

Pada kesempatan tersebut, Alpian mengatakan jika bantuan mesin pengolahan kopi ini sebagai bentuk perhatian sekaligus komitmen memajukan sektor pertanian dan perkebunan di Pagar Alam.

BACA JUGA:Distan Pagar Alam Distribusikan 18.103 BIbit Alpukat Miki dan Durian Montong kepada 40 Poktan

"Dengan adanya bantuan ini, diharapkan petani kopi membantu petani kopi dalam pengolahan kopi usai panen," katanya.

Sementara Kadis Pertanian Dra Suterimawati MM melalui Kabid Perkebunan Diki Herlambang SP mengatakan, bantuan mesin huller sebanyak 23 unit ini tujukan kepada kelompok tani. 


Foto : Kadistan Pagar Alam bersama anggota Poktan pnerima bantuan.-Wako Serahkan Bantuan Mesin Huller Kopi dan Bibit Buah Kepada Petani Pagar Alam-Gusti, pagaralamlos.com

Yang nantinya bisa dimanfaatkan bagi anggota Poktan. "Petani tidak perlu lagu menyewa mesin atau membeli. Mesin ini juga berfungi untuk mempercepat pengolahan pascapanen kopi," katanya.

BACA JUGA:Tehnik Sambung Pucuk Bisa Tingkatkan Produktivitas Tanaman Kopi

BACA JUGA:80 % Sejuta Sambung Pucuk Kopi Dilakukan Monitoring

Sebelumnya juga, Distan Pagar Alam telah mendistribusikan bantuan bibit buah unggul bersertifikat. 

Sebanyak 18.103 batang. Terdiri dari 9.103 batang bibit Pokat jenis Miki. Dan 9.000 batang bibit Durian montong.

Diki juga menyebutkan, jika bantuan bibit buah ini ditanam tumpang sari di areal pekebunan kopi, misalnya. "Sebagai pohon peneduh," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: