Menelusuri Jejak Sejarah Kerajaan Terbesar Afrika Kuno yang Menyimpan Penuh Misteri

Menelusuri Jejak Sejarah Kerajaan Terbesar Afrika Kuno yang Menyimpan Penuh Misteri

Menelusuri Jejak Sejarah Kerajaan Terbesar Afrika Kuno yang Menyimpan Penuh Misteri -ilustrasi.google-

BACA JUGA:Jelajahi petualangan seru di Situbondo melalui 11 destinasi wisata alam dan bangunan bersejarah

BACA JUGA:Penemuan Mencengangkan, Fakta Artefak Bersejarah dan Kerangka Manusia dari Kapal Perang Kuno

Namun, pada abad ke-2 SM, penurunan air akuifer mengakhiri kejayaan mereka, dan kehadiran Kekaisaran Romawi semakin mengakhiri keberadaan mereka.

6. Kerajaan Benin

Kerajaan Benin merupakan kerajaan kuno yang didirikan pada abad ke-12 hingga ke-19 berlokasi di Nigeria selatan dan dikenal juga sebagai pusat perdagangan dan pembelajaran. Meskipun terlibat dalam perdagangan budak untuk kolonisasi Amerika pada abad ke-17, mereka juga terkenal dengan patung "perunggu" unik pada abad ke-15.

Patung-patung ini, terbuat dari cincin logam yang diimpor Portugis, sering menggambarkan tokoh terkemuka dalam gaya yang khas. Setelah jatuh ke tangan Britania pada tahun 1897, ribuan patung ini dicuri dan diekspor ke seluruh dunia.

BACA JUGA:Eksplorasi Zaman Megalitikum, Mengungkap Sejarah Peradaban Kuno

BACA JUGA:Membuka Sejarah Candi Prambanan, Teryata ada Kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang

Wilayah ini kemudian menjadi bagian dari Nigeria, yang telah meminta pengembalian "patung-patung perunggu Benin" ke negara tersebut.

7. Kerajaan Zulu

Kerajaan yang berasal dari suku Zulu di Afrika Selatan, tumbuh saat Shaka berkuasa pada akhir abad ke-18 dan masih bertahan hingga saat ini sebagai bagian dari Afrika Selatan modern.

Sebagai pemimpin kala itu, Sha mengenalkan inovasi militer seperti tombak pendek dan taktik pertempuran yang baru, sehingga membuatnya berhasil menguasai suku-suku di wilayah itu, termasuk suku Zulu dan pada puncaknya yang memimpin 40.000 prajurit.

Selain itu, pengaruh strategi militer Shaka terlihat dalam pertempuran melawan Inggris pada 1879. Meskipun awalnya berhasil, Zulu akhirnya kalah, menyusulnya adalah pembagian, perang saudara, dan penindasan.

BACA JUGA:Sejarah Mesopotamia Kuno, Ketika Pendidikan Hanya Untuk Kaum Elite

BACA JUGA:Eksplorasi Zaman Megalitikum, Mengungkap Sejarah Peradaban Kuno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: