Mengasah Kemampuan Non-Akademik Siswa Melalui Muhadharah Setiap Jum'at di MAN 1 Pagar Alam

Mengasah Kemampuan Non-Akademik Siswa Melalui Muhadharah Setiap Jum'at di MAN 1 Pagar Alam

Mengasah Kemampuan Non-Akademik Siswa Melalui Muhadharah Setiap Jum'at di MAN 1 Pagar Alam--

PAGARALAMPOS.COM - Setiap Jum'at pagi, terjadi perubahan suasana yang kental terasa di MAN 1 Pagar Alam. Halaman utama Madrasah menjadi saksi bisu atas geliat kegiatan Muhadharah yang diselenggarakan secara rutin untuk seluruh siswa-siswi.

Inisiatif ini bukan semata-mata upaya rutin, melainkan bagian integral dari strategi Madrasah dalam mengembangkan kemampuan non-akademik para siswa.

Menurut Kepala MAN 1 Pagar Alam, Hj Neliana, S.Ag MM, kegiatan Muhadharah adalah ladang subur bagi siswa dan siswi untuk menumbuhkan potensi lain yang tak kalah pentingnya di tengah-tengah masyarakat.

"Muhadharah sudah menjadi bagian dari tradisi kami. Setiap Jum'at pagi, setelah Shalat Dhuha berjamaah, siswa dari kelas X hingga XI akan diperkaya dengan kegiatan kerohanian atau Rohis," ungkapnya.

BACA JUGA:Sinopsis DC League of Super-Pets Misi Krypto Menyelamatkan Superman, Yuk Nonton

Neliana menegaskan bahwa Muhadharah atau Rohis menjadi salah satu ciri khas yang membedakan MAN 1 Pagar Alam.

Di dalamnya, para siswa diajarkan ilmu pengetahuan yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan, yang diharapkan mampu memberikan manfaat yang nyata, baik secara langsung maupun tidak langsung, bagi peserta didik dan Madrasah itu sendiri.

Dengan komitmen yang bulat, kegiatan Muhadharah ini akan terus digelar.

"Kami berharap para peserta didik mampu memperluas wawasan, memperkaya potensi, serta mendalamkan pengetahuan keagamaan, dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sosial masyarakat," tambahnya.

BACA JUGA:Imbas Pengetatan Impor, Pabrik Sepatu Bata Tutup, Industri Alas Kaki di Indonesia Menghadapi Tantangan Berat

Neliana juga menyoroti signifikansi Muhadharah dalam melatih keterampilan berbicara siswa di depan publik.

"Muhadharah bertujuan untuk melatih dan meningkatkan mutu pembelajaran, terutama dalam mengasah kemampuan siswa dalam berbicara di depan umum," pungkasnya.

Kegiatan Muhadharah di MAN 1 Pagar Alam diyakini dapat menjadi wahana yang efektif dalam membentuk karakter serta mengembangkan kemampuan non-akademik para siswa.

Melalui platform ini, diharapkan kualitas pembelajaran keseluruhan dapat terangkat secara signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: