Rusia Gelar War Trophies di Moskow, Pajang Beragam Alutsista Negara Donatur Ukraina

Rusia Gelar War Trophies di Moskow, Pajang Beragam Alutsista Negara Donatur Ukraina

Foto : Medium Batle Tank.-Rusia Gelar War Trophies di Moskow, Pajang Beragam Alutsista Negara Donatur Ukraina-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Adalah prestasi tersendiri untuk bisa menangkap (menyergap) dan membawa alutsista musuh dari medan perang.

Selain kebutuhan untuk mempelajari serta menganalisa pencapaian teknologi pada persenjataan lawan, tangkapan beragam jenis persenjataan lawan dapat digunakan untuk meningkatkan propaganda akan kekuatan militer dalam negeri.

Dalam hal ini, Kementerian Pertahanan Rusia telah mengumumkan bakal digelarnya pameran berskala besar di Moskow yang memperlihatkan beragam jenis alutsista dari negara-negara ‘donatur’ senjata ke Ukraina yang berhasil disita Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut akan membuka pameran “‘War Trophies” di Victory Park di Poklonnaya Gora, Moskow. Pameran akan dibuka mulai 1 Mei 2024, dan akan berlangsung selama satu bulan.

BACA JUGA: Rusia Penjarakan 200 Tawanan Perang Ukraina, Ada yang Seumur Hidup

Pameran unik yang bakal menyedot perhatian pemerhati alutsista global ini, rencananya akan menampilkan beragam kendaraan tempur buatan Amerika Serikat dan Eropa Barat.

Yang sudah dipastikan dipamerkan adalah MBT (Main Battle Tank) Leopard 2 series, termasuk Leopard 2A6, IFV (Infantry Fighting Vehicle) M2A2 Bradley, M1A3 Marder, CV90, M113, AMX-10 APC.

Juga BTR-4 dan AMX-10 6×6 FSV (Fire Support Vehicle). Sementara, unit MBT Abrams dan Challenger 2 yang hancur saat ini sedang dalam proses penarikan dari medan perang.

Selain parade ranpur Barat dan NATO, Kementerian Pertahanan Rusia juga akan memajang berbagai jenis persenjataan dan peralatan militer lain, seperti sistem rudal hanud, meriam, howitzer, dan lain-lain.

BACA JUGA:Rusia Luncurkan Nikolai Kamov, Kapal Latih Operasi Penerbangan Helikopter di Lautan

Outlet media Rusia Izvestia, mengutip pernyataan yang dikeluarkan oleh layanan pers Kementerian Pertahanan, melaporkan bahwa pameran tersebut akan menampilkan setidaknya 30 contoh kendaraan tempur berat yang berasal dari 12 negara berbeda.

Di antara deretan negara yang memasok senjata ke Ukraina adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis, Turki, Swedia, Republik Ceko, Afrika Selatan, Finlandia, Australia dan Austria.

War Trophies” pada pemeran ini akan dipajang secara mencolok di alun-alun di depan Victory Museum, disusun dalam zona tematik dengan stand informatif yang memberikan konteks dan detail tentang setiap peralatan.

Pameran tersebut akan mencakup kendaraan besar, senjata kecil dari tentara asing, dokumen pertempuran, peta, literatur ideologi, dan peralatan yang digunakan oleh pasukan Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: