Selain Andalas dan Swarnadwipa Cataran Penjelajah Barat Dan Islam Nama Sumatra Dengan Sebutan Ini

Selain Andalas dan Swarnadwipa  Cataran Penjelajah Barat Dan Islam Nama Sumatra Dengan Sebutan Ini

Foto : Peta sejarah kedatangan penjelajah barat dan Islam di sumater.-Selain Andalas dan Swarnadwipa Cataran Penjelajah Barat Dan Islam Nama Sumatra Dengan Sebutan Ini-National geographic

Penyebutan nama Sumatra kemudian makin kuat dalam buku perjalanan Itinerarium Portugallensium yang dicetak di Milan 1508. Kemudian, bangsa Portugis banyak melakukan perjalanan yang menyebutkan Sumatra seperti Odardus Barbosa dari Lisbon.

BACA JUGA:Punya Potensi Luar Biasa, Ini 6 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Pulau Sumatera Salahsatunya!

Sementara rekan Ferdinad Magellan, Antonia Pigafetta, menuturkan perjalanan keliling dunia dari arah Atlantik tembus ke Filipina dan Sumatra. Perjalanan itu melewati Pulau Timor dan sisi selatan Nusantara—laut kidul karena takut ditundukkan kapal-kapal Portugis.

Dia mencatat bahwa Taprobana sempat populer untuk menggambarkan Sumatra. "Nama tersebut juga diketahui dari penduduk lokal pulau tersebut yang berada di atas kapal.

Yang membantu mereka sebagai penerjemah di berbagai tempat yang mereka kunjungi dan merupakan pengenalan awal terhadap bahasa Melayu," ungkap Marsden.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: