Alcazar Istana Kuno di Sevilla, Seni Arsitektur Islam yang Dikagumi Raja Kristen

Alcazar Istana Kuno di Sevilla, Seni Arsitektur Islam yang Dikagumi Raja Kristen

Lorong labirin Alcazar yang banyak dikagumi para raja Kristen setelah keruntuhan Almohad.

BACA JUGA:Misteri Sigiriya, Benteng Kuno di Atas Batu Raksasa yang Menakjubkan

Lorong labirin Alcazar yang banyak dikagumi para raja Kristen setelah keruntuhan Almohad.

Sevilla menjadi ibu kota bagian Eropa dari kekaisaran yang mempertahankan hubungan dekat dengan Marrakech, ibu kota Maroko, markas besar kekuasaan Almohad di Afrika Utara.

Setelah menetap di Royal Alcazar di Sevilla, Almohad meruntuhkan bangunan pendahulu mereka dan menciptakan jaringan istana independen untuk menampung kelas-kelas istimewa.

Selepas ditinggalkan oleh pengaruh muslim, Kerajaan Kastilia yang bercorak Kristen telah menguasai Alcazar di Sevilla.

BACA JUGA:Lukisan Bidadari di Dinding Benteng Kuno Sigiriya, Mitos Kota Para Dewa Srilangka

Alfonso X yang bijaksana, raja Kastilia yang menunjukkan kekagumannya pada seni Islam dan bekas singgasananya di Sevilla.

Tetapi istana yang pernah dihuni Khalifah Almohad itu tidak sepenuhnya cocok untuk cara hidup Raja Kastilia maupun untuk persyaratan istananya.

Berbeda dengan selera Muslim untuk ruang yang lebih kecil dengan ketinggian sedang, dengan tata ruang seperti labirin yang dirancang untuk privasi yang lebih besar.

Selera raja-raja Kristen agak berbeda karena mereka lebih menyukai kamar yang lebih tinggi dan lebih luas, dan memilih hierarki yang jelas di berbagai area istana.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Daftar Istana Termegah yang Pernah Ada di Nusantara

Meski kurang cocok, tetap saja, Raja Kerajaan Kastilia sangat menghargai warisan arsitektur Muslim dan memanggil seniman dan pengrajin asal Arab dan Berber dari Toledo, Granada dan Sevilla sendiri untuk membangun istana baru antara tahun 1364 dan 1366.

Setelah rampung pembangunannya, istana diubah menjadi kediaman pribadi bagi Raja Kastilia hingga kemudian digunakan oleh Raja Spanyol modern.

Tidak diragukan lagi, bahwa Alcazar dengan gaya arsitektur bernuansa Islam, telah menjadi contoh paling megah dari arsitektur Alcazar Sevilla yang telah berusia seribu tahun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: