Budaya Kebaikan di Jalur Kuno, Uniknya Ziarah Melintasi 88 Kuil di Jepang

Budaya Kebaikan di Jalur Kuno, Uniknya Ziarah Melintasi 88 Kuil di Jepang

“Saya mendapat banyak berkah dari Henro,” kata Kizumi, wanita yang ditemui oleh penulis di di Kuil 6 (Kuil Kegembiraan Abadi).

Budaya kebaikan di jalur kuno

Memang benar, para peziarah di sepanjang jalan selalu berbicara tentang kebaikan penduduk setempat. Inilah budaya osettai, ciri unik ziarah Shikoku.

“Saya mengalami hal ini hampir setiap hari sebagai peziarah,” kata Imaizumi. “Biasanya itu jeruk mandarin atau manisan. Suatu kali seorang wanita menghentikan mobilnya dan melompat keluar untuk memberi saya 300 yen.”

BACA JUGA:Sejarah Yakuza di Kekaisaran Jepang, Benarkah Asal Usulnya Samurai

Dekat dengan Kuil Puncak Hering (1), kelompoknya bertemu Ranshu Yano, ahli seni ai-zome yang semakin berkurang. Wilayah Tokushima menghasilkan nila alami untuk pewarnaan. Tekstil nila pernah digunakan dalam pakaian samurai.

Yano mengundang untuk berkunjung ke bengkelnya untuk menyaksikan sebagian dari proses yang melelahkan. Dia membuka tutup tong besar. Rebusan biru perlu diperiksa, diaduk, dan dibiarkan berfermentasi.


Foto : Ziarah 88 kuil di jalur kuno Jepang.-Budaya Kebaikan di Jalur Kuno, Uniknya Ziarah Melintasi 88 Kuil di Jepang-National geographic

IItu adalah makhluk hidup,” katanya sambil mengangkat tangan birunya secara permanen. “Saya harus merasakannya.” Tekstil yang sudah jadi dibuat menjadi kimono yang indah.

BACA JUGA:Disebut Atlantis Jepang, Mengungkap Fakta Misteri Monumen Yonaguni

Di Henro, hadiah datang dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah kesempatan untuk berhubungan dengan orang-orang yang masih terikat dengan tanah, seni, dan tradisi yang ditinggalkan di tempat lain.

“Orang-orang telah melakukan apa yang saya lakukan selama seribu tahun,” kata Yano. “Saya berdiri di tengah, antara masa lalu dan masa depan.” (*)

 

https://nationalgeographic.grid.id/read/134065309/shikoku-henro-jalur-ziarah-kuno-yang-melewati-88-kuil-di-jepang?page=2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: