Penemuan Zaman Kuno Sekarang Masih Kita Gunakan, Ternyata Sejarahnya Seperti Ini

Penemuan Zaman Kuno Sekarang Masih Kita Gunakan, Ternyata Sejarahnya Seperti Ini

Foto : Kertas buku.-Penemuan Zaman Kuno Sekarang Masih Kita Gunakan, Ternyata Sejarahnya Seperti Ini-National geographic

“Semakin penting pertanian, semakin penting pula prediksi musim secara akurat,” tulis Greg Beyer di laman The Collector. Sejak saat itu, kalender, dalam segala bentuknya, telah menjadi alat yang tidak terpisahkan dan sangat berharga.

Meskipun ketepatan waktu menjadi hal yang penting sejak Era Neolitikum, kalender sebenarnya baru ditemukan pada Zaman Perunggu. “Yaitu sekitar tahun 3100 SM,” Beyer menambahkan. Bangsa Sumeria adalah peradaban pertama yang menciptakan kalender.

Kalender mereka sangat mirip dengan kalender kita sekarang. Bangsa Sumeria membagi tahun menjadi 12 bulan lunar, dengan setiap bulan terdiri dari 29 atau 30 hari.

BACA JUGA:Legenda Teucer, Asal Usul Berdirinya Kota Troya dalam Mitologi Yunani

Orang-orang Mesir mengikutinya dengan kalender serupa yang juga terdiri dari 12 bulan. Bedanya adalah mereka juga memasukkan bintang Sirius dalam melacak hari.

Bangsa Babilonia menciptakan kalender yang menambahkan bulan ke-13 setiap dua atau tiga tahun. Kalender ini nantinya akan menginspirasi kalender Yahudi.

Banyak peradaban lain yang memiliki kalendernya sendiri dengan perubahan yang menarik. Misalnya Tiongkok yang menggunakan shio.

Kompas magnetik

Salah satu penemuan terpenting dalam sejarah dunia, kompas membantu manusia melakukan navigasi baik di darat maupun di laut.

BACA JUGA:Sejarah Yakuza di Kekaisaran Jepang, Benarkah Asal Usulnya Samurai

Meskipun saat ini kita memiliki pelacakan GPS melalui satelit, kompas magnetik masih digunakan di seluruh dunia untuk membantu kapten kapal mengarahkan kapal.

Kompas magnetik berusia hampir 2000 tahun dan berasal dari Dinasti Han di Kekaisaran Tiongkok. Kompas ini ditemukan sekitar tahun 200 M hingga 220 M.

Namun, selama beberapa abad setelah penemuannya, kompas magnetik ini digunakan untuk geomansi dan fengsui alih-alih navigasi. Baru antara tahun 850 M dan 1050 M kompas mulai digunakan untuk navigasi.

Penyebutan kompas pertama kali di Eropa dimulai pada tahun 1190 dan berasal dari De naturis rerum (On the Natures of Things) karya Alexander Neckam.

BACA JUGA:Asli Indonesia. Asal Usul Ketupat Lebaran Beserta Filosofinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: