Perdananya, Rusia Tawarkan Pembentukan Unit Pasukan Lintas Udara Dengan Persenjataan Lengkap

Perdananya, Rusia Tawarkan Pembentukan Unit Pasukan Lintas Udara Dengan Persenjataan Lengkap

Foto : Ranpur lapis baja.-Perdananya, Rusia Tawarkan Pembentukan Unit Pasukan Lintas Udara Dengan Persenjataan Lengkap-Indomiliter.com

PAGAALAMPOS.COM - Untuk pertama kalinya Rusia lewat JSC Rosoboronexport (bagian dari Rostec State  menawarkan paket persenjataan yang terbilang unik, yakni paket lengkap untuk membangun dan melengkapi satuan lintas udara (airborne).

Rusia yang punya tradisi dan kemampuan lintas udara terdepan dan berpengalaman, menawarkan paket komplit mulai dari pra sarana dan sarana untuk mendukung terbentuknya ‘ekosistem’ lintas udara bagi negara-negara mitra Rusia di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.

Dalam siaran pers yang diterima Indomiliter.com (10/4/2024), Rosoboronexport menyatakan siap membantu dalam pembentukan struktur organisasi satuan lintas udara.

Dengan pembangunan infrastruktur darat yang diperlukan, melengkapi satuan dengan segala jenis perlengkapan serta melatih personel militer lintas udara negara sahabat.

BACA JUGA:Perang Versus Ukraina, Rusia Terjunkan MBT Tanpa Awak, Persenjataannya Seperti Ini

Rosoboronexport menyebut tawaran khusus ini akan menghasilkan cabang atau satuan baru di angkatan bersenjata yang akan beroperasi terpadu, dapat bergerak cepat dan mematikan. Di Indonesia, penggelaran satuan lintas udara ditangani oleh PPRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat) Kostrad.

Yang mampu mendeploy pasukan infanteri linud setingkat satu batalyon di seluruh wilayah Indonesia kurang dari 12 jam sejak perintah operasi diberikan, yang umumnya pergerakannya ditunjang 10 unit C-130 Hercules.

Pengalaman operasi militer modern, kontra-teror dan penjaga perdamaian menunjukkan bahwa unit lintas udara adalah formasi taktis paling terlatih yang mampu dengan cepat mencapai tujuan di belakang garis musuh dan di garis depan wilayah pertempuran – forward edge of the battle area (FEBA).

"Mereka dapat melakukan serangan dengan sukses dan cepat untuk mengalahkan musuh, merebut dan mempertahankan wilayah dan fasilitas penting,” kata Alexander Mikheev, Direktur Jenderal Rosoboronexport.

BACA JUGA:Rusia Pamer MBT T-72 Iron Mess, Dilengkapi Perisai Jumbo Anti Drone Kamikaze

Dalam rangka pengorganisasian unit lintas udara di negara-negara yang potensial, Rosoboronexport mengusulkan untuk melengkapi mereka dengan semua peralatan militer canggih yang diperlukan untuk melakukan misi tempur. Seperti Pasukan Lintas Udara (Linud) Rusia yang akrab disebut VDV (Vozdushno-desantnye voyska Rossii).

Terkenal sebagai satuan tempur reaksi cepat yang dilengkapi persenjataan yang terbilang lengkap. Selain kelengkapan senjata untuk menunjang pergerakan pasukan infanteri, VDV juga dapat menerjunkan (airdrop) unit tempur lintas udara untuk elemen kavaleri dan artileri.

Dari beragam persenjataan berat yang melengkapi arsenal VDV dan berasal dari beberapa perusahaan yang berbeda, turut ditawarkan oleh Rosoboronexport dalam paket lintas udara, seperti BMD-4M, Zavet-D, Sprut-SDM1, BTR-MDM, Typhoon-K 4×4 dan self-propelled 2S41 Drok.

BMD-4M adalah varian terbaru dan tercanggih dari keluarga BMD series, sekaligus menjadi ranpur IFV (Infantry Fighting Vehicle) andalan VDV dalam operasi serbuan ke Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: