Koordinasi Intensif Antara Dirlantas dan Pihak Terkait, Kemacetan di Palembang Mulai Terurai

Koordinasi Intensif Antara Dirlantas dan Pihak Terkait, Kemacetan di Palembang Mulai Terurai

Koordinasi Intensif Antara Dirlantas dan Pihak Terkait, Kemacetan di Palembang Mulai Terurai--

PAGARALAMLOS.COM - Setelah beberapa hari mengalami kemacetan parah, lalu lintas di Jalan Lintas Palembang-Betung akhirnya mulai terurai.

Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan telah mengidentifikasi beberapa penyebab utama dari kemacetan tersebut.

Menurut Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Andi Rifai, salah satu penyebab utama kemacetan adalah adanya proyek pembangunan jalan yang sedang berlangsung di beberapa titik di jalan tersebut.

"Proyek pembangunan jalan ini telah menyebabkan penyempitan lajur dan pengalihan arus lalu lintas yang tidak sesuai dengan rencana awal," ujar Kombes Pol Andi Rifai.

BACA JUGA:Krisis Keuangan PT Indofarma, DPR Soroti Keterlambatan Bayar Gaji dan THR Karyawan

Selain itu, faktor lain yang turut berkontribusi terhadap kemacetan adalah peningkatan volume kendaraan yang melintasi jalan ini, terutama pada jam-jam sibuk.

"Dengan semakin banyaknya kendaraan yang melintas, kapasitas jalan yang ada menjadi tidak mencukupi, sehingga mengakibatkan kemacetan," tambahnya.

Untuk mengatasi kemacetan tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan telah melakukan beberapa langkah strategis.

Salah satunya adalah dengan melakukan koordinasi intensif dengan pihak-pihak terkait, termasuk kontraktor proyek pembangunan jalan dan Dinas Perhubungan.

BACA JUGA:Viraal Diantrian ATM, Warga Serang Nasabah dan Pukul Pak Satpam, Pelaku Diciduk Polisi

"Kami berupaya untuk memastikan bahwa pelaksanaan proyek pembangunan jalan berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan dan tidak mengganggu arus lalu lintas," ungkap Kombes Pol Andi Rifai.

Selain itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan juga telah meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kemacetan, seperti parkir sembarangan dan penggunaan lajur berlawanan arah.

"Kami akan memberikan sanksi tegas kepada pelanggar lalu lintas untuk memastikan ketaatan terhadap aturan dan menjaga kelancaran arus lalu lintas," jelas Kombes Pol Andi Rifai.

Tidak hanya itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan juga mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam mengatasi kemacetan.

BACA JUGA:Wisata Ciamis Menawan. Cocok Untuk Libur Lebaran. Ini Rekomendasinya

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan transportasi umum atau carpooling sebagai alternatif untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan dan mengurangi kemacetan," tutur Kombes Pol Andi Rifai.

Respons dari masyarakat terhadap upaya penanganan kemacetan ini cukup positif. Banyak warga yang mendukung langkah-langkah yang diambil oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan.

"Kami berharap dengan adanya koordinasi yang baik antara pihak terkait dan partisipasi aktif dari masyarakat, masalah kemacetan di Lintas Palembang-Betung dapat segera teratasi," ujar Rina, seorang warga Palembang.

Meskipun demikian, beberapa warga juga menyampaikan kekhawatiran terhadap potensi kemacetan di masa mendatang, mengingat masih banyak proyek pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung di Palembang dan sekitarnya.

BACA JUGA:Kemenag Umumkan Prediksi Tanggal Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah, Lebaran Diprediksi Jatuh pada 10 April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: