Temuan Vila dan Mosaik dari Era Kekaisaran Romawi, Siapa Pemiliknya

Temuan Vila dan Mosaik dari Era Kekaisaran Romawi, Siapa Pemiliknya

Foto : Sejarah kuno kekaisaran Romawi-Temuan Vila dan Mosaik dari Era Kekaisaran Romawi, Siapa Pemiliknya,-National geographic

Di sudut timur vila terdapat ruang domestik yang disebut cubiculum. Di ambang pintu mosaik muncul nama Maternus. Secara umum, diyakini bahwa inilah nama pemilik rumah tersebut.

Mosaik tengah yang mendominasi ruangan menampilkan sosok wanita yang dilingkari. Berpakaian mewah, kepalanya dikelilingi lingkaran cahaya, yang melambangkan keagungan dan kebajikan.

Menggemakan figur dan tema mosaik lainnya di Carranque, dia bisa menjadi alegori dari kebajikan klasik atau nyonya rumah.

BACA JUGA:Hancurnya Kota 'Maksiat'. Ini Penyebab Musnahnya Warga Pompeii Kota Kuno di Romawi

Panel-panel yang mengelilingi sosok wanita itu jelas merupakan referensi klasik. Mereka adalah tokoh-tokoh mitologi, termasuk Athena dan Hercules.

Selain itu juga ada pemandangan yang digambarkan dalam Metamorphoses oleh penyair abad pertama Ovid.

Salah satunya, Dewi Diana sedang mandi sementara bidadari menyisir rambutnya. Sosok laki-laki yang diam-diam mengawasi adalah Actaeon.

Actaeon dihukum Diana menjadi rusa jantan untuk diburu dan dibunuh.

BACA JUGA:Jejak Peradaban Romawi: Temuan Arsip dan Stempel Bersejarah di Turki

Perpaduan antara perburuan dan erotisme berlanjut di mosaik triclinium atau ruang makan. Ruang dirancang untuk mengesankan dan menyenangkan para tamu.

Mosaik ini kemungkinan besar menggambarkan Adonis, pemuda cantik yang dicintai Venus. Dia melawan babi hutan yang hendak membunuhnya, yang membuat dewi pengawas ketakutan.

Di bawah ini adalah dua anjing yang terluka, mungkin terluka, oleh babi hutan. “Keduanya mungkin potret anjing pemburu yang sebenarnya di perkebunan tersebut,” Montoya menambahkan lagi.

Mosaik karpet mengesankan lainnya menghiasi oecus utama atau area resepsi. Mosaik tersebut menggambarkan pemberian gadis budak Briseis kepada Achilles selama Perang Troya.

BACA JUGA:Siapkan Armada Tepat Waktu,Atasi Lonjakan Penumpang Menuju Hari Raya Idul Fitri di Kota Pagaralam

Inti dari plot Iliad karya Homer, kisah Briseis yang tidak menyenangkan menggemakan perpaduan erotisme dan kekerasan di seluruh mosaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: